Efektivitas model Project Based Learning berorientasi Chemoentrepreneurship (CEP) terhadap hasil belajar dan minat wirausaha : larutan penyangga dan wirausaha kangkung hidroponik
Lestari, Khafitri (2019) Efektivitas model Project Based Learning berorientasi Chemoentrepreneurship (CEP) terhadap hasil belajar dan minat wirausaha : larutan penyangga dan wirausaha kangkung hidroponik. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Skripsi_1503076056_Kafitri Lestari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (12MB) | Preview
Abstract
Data BPS menunjukkan bahwa tingkat pengangguran terbuka di kabupaten Kendal termasuk dalam kelompok pengangguran cukup tinggi yakni 13,21%. Oleh karena itu perlu ada kegiatan pembelajaran yang dapat mengasah kemampuan wirausaha peserta didik guna meningkatkan kompetensi yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas penggunaan model PjBL berorientasi CEP terhadap hasil belajar dan minat wirausaha peserta didik pada materi larutan penyangga di MAN Kendal. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-postest control grup desain. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Metode pengumpulan data melalui instrumen tes yang digunakan untuk mengukur pemahaman konsep peserta didik dan instrumen non tes berupa angket minat wirausaha untukmengukur ketertarikan peserta didik terhadap wirausaha.Berdasarkan uji pihak kanan (uji t) untuk hasil belajar diperoleh thitung= 3,224,dengan ttabel= 1,671. Sedangkan angket minat wiausaha thitung= 1,671 dengan ttabel sebesar 9,426. Adapun rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 77,5, sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol adalah 70,73. Rata-rata minat wirausaha peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 121,3 dan 102,9 . Uji peningkatan dengan N gain hasil belajar diperoleh hasil antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,556 (kategori sedang) dan 0,415 (kategori sedang). Peningkatan minat wirausaha peserta didik pada kelas eksperimen masuk pada kategori sedang hal ini didasarkan pada nilai N Gain sebesar0,313. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model PjBL berorientasi CEP terbukti efektif terhadap hasil belajar dan minat wirausaha peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning (PjBL); Chemoentrepreneurship; Hasil Belajar; Wirausaha; Larutan Penyangga; Kimia |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 542 Techniques, procedures, equipment, materials 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 547 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Hilda Khafizhatul Khusna |
Date Deposited: | 31 Mar 2021 12:15 |
Last Modified: | 31 Mar 2021 12:15 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12443 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year