Efektivitas model Project Based Learning berorientasi Chemoentrepreneurship (CEP) terhadap hasil belajar dan minat wirausaha : larutan penyangga dan wirausaha kangkung hidroponik

Lestari, Khafitri (2019) Efektivitas model Project Based Learning berorientasi Chemoentrepreneurship (CEP) terhadap hasil belajar dan minat wirausaha : larutan penyangga dan wirausaha kangkung hidroponik. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1503076056_Kafitri Lestari]
Preview
Text (Skripsi_1503076056_Kafitri Lestari)
Skripsi_1503076056_Kafitri Lestari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Data BPS menunjukkan bahwa tingkat pengangguran terbuka di kabupaten Kendal termasuk dalam kelompok pengangguran cukup tinggi yakni 13,21%. Oleh karena itu perlu ada kegiatan pembelajaran yang dapat mengasah kemampuan wirausaha peserta didik guna meningkatkan kompetensi yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas penggunaan model PjBL berorientasi CEP terhadap hasil belajar dan minat wirausaha peserta didik pada materi larutan penyangga di MAN Kendal. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-postest control grup desain. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Metode pengumpulan data melalui instrumen tes yang digunakan untuk mengukur pemahaman konsep peserta didik dan instrumen non tes berupa angket minat wirausaha untukmengukur ketertarikan peserta didik terhadap wirausaha.Berdasarkan uji pihak kanan (uji t) untuk hasil belajar diperoleh thitung= 3,224,dengan ttabel= 1,671. Sedangkan angket minat wiausaha thitung= 1,671 dengan ttabel sebesar 9,426. Adapun rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 77,5, sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol adalah 70,73. Rata-rata minat wirausaha peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 121,3 dan 102,9 . Uji peningkatan dengan N gain hasil belajar diperoleh hasil antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,556 (kategori sedang) dan 0,415 (kategori sedang). Peningkatan minat wirausaha peserta didik pada kelas eksperimen masuk pada kategori sedang hal ini didasarkan pada nilai N Gain sebesar0,313. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model PjBL berorientasi CEP terbukti efektif terhadap hasil belajar dan minat wirausaha peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning (PjBL); Chemoentrepreneurship; Hasil Belajar; Wirausaha; Larutan Penyangga; Kimia
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 542 Techniques, procedures, equipment, materials
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 547 Organic chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Hilda Khafizhatul Khusna
Date Deposited: 31 Mar 2021 12:15
Last Modified: 31 Mar 2021 12:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12443

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics