Evaluasi standar pendidik, tenaga kependidikan, dan sarana prasarana pendidikan dalam pencapaian akreditasi A di MI Ianatus Shibyan Mangkang Kulon-Semarang

Rokhawati, Rokhawati (2019) Evaluasi standar pendidik, tenaga kependidikan, dan sarana prasarana pendidikan dalam pencapaian akreditasi A di MI Ianatus Shibyan Mangkang Kulon-Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1503036098_Rokhawati]
Preview
Text (Skripsi_1503036098_Rokhawati)
Skripsi_1503036098_Rokhawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Akreditasi oleh BAN-S/M tahun 2017 menunjukkan bahwa masih minimnya SD/MI bersatus A. Hal ini dikarenakan banyak SD/MI belum mampu memenuhi standar minimum yang telah ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP). Standar yang paling menjadi hambatan oleh sekolah/madrasah swasta yaitu dalam standar sarana prasarana, pendidik, dan tenaga kependidikan.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: Bagaimana hasil evaluasi kondisi sarana dan prasarana, pendidik, dan tenaga kependidikan di MI Ianatus Shibyan berdasarkan Kriteria dan Perangkat Akreditasi SD/MI (Permendikbud No. 002/H/AK/2017) ?
Penelitian evaluasi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data melalui proses reduksi data, display data, dan terakhir adalah pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa MI Ianatus Shibyan memperoleh skor 88 untuk standar sarana prasarana dan skor 70 untuk standar pendidik dan tenaga kependidikan. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa MI Ianatus Shibyan telah mampu memberikan pelayanan yang cukup baik kepada masyarakat sebagai konsumen pendidikan.
Saran untuk penelitian ini yaitu dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, diperlukan usaha yang sungguh-sungguh untuk mempertahankan status akreditasi yang telah diperoleh. Sumberdaya madrasah seperti sarana, prasarana, pendidik, dan tenaga kependidikan sebaiknya ditingkatkan lagi sehingga masyarakat akan lebih percaya memasukkan anaknya di MI Ianatus Shibyan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sarana pendidikan, Evaluasi fasilitas;; Tenaga kependidikan; Guru; Akreditasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Hilda Khafizhatul Khusna
Date Deposited: 01 Apr 2021 11:54
Last Modified: 01 Apr 2021 11:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12469

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics