Pengaruh motivasi belajar terhadap pencapaian indeks prestasi semester genap: studi komparatif mahasiswa bekerja dan tidak bekerja program studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) angkatan 2016/2017 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang

Ma’rufah, Amanatul Ardliana (2019) Pengaruh motivasi belajar terhadap pencapaian indeks prestasi semester genap: studi komparatif mahasiswa bekerja dan tidak bekerja program studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) angkatan 2016/2017 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1503036108_Amanatul Ardliana Ma'rufah]
Preview
Text (Skripsi_1503036108_Amanatul Ardliana Ma'rufah)
Skripsi_1503036108_Amanatul Ardliana Ma'rufah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa yang mendalami ilmu–ilmu manajemen sekolah harus memiliki jiwa seorang manajer yang bisa mengatur segala aspek dalam kehidupan terutama mengatur proses pembelajaran di kampus. Latar belakang masing–masing mahasiswa berbeda dari satu dengan yang lainnya. Seperti factor-faktor intern dan ekstern yang membuat Mahasiswa harus membagi waktu kuliahnya dengan bekerja.
Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan dan menganalisis seberapa besarkah pengaruh motivasi belajar mahasiswa terhadap pencapaian IP Mahasiswa jurusan MPI UIN Walisongo Semarang. Kedua, mendiskripsikan dan menganalisis perbandingan pencapaian IP berdasarkan motivasi belajar antara mahasiswa yang bekerja dan tidak bekerja.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif komparatif, penelitian ini dilakukan di UIN Walisongo Demarang dan objek penelitian adalah mahasiswa Angkatan 2016/2017 jurusan MPI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan teknis ananlisis menggunakan Uji Regresi Sederhana, serta Uji T-Test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Tingkat motivasi belajar mahasiswa yang bekerja sebesar 79%, sedangkan tingkat motivasi masiswa yang tidak bekerja yaitu 67%. 2) IP Mahasiswa yang bekerja cenderung Cukup dan Baik karena hanya 36% Mahasiswa mendapat IP diatas 3,70. Sedangkan IP yang diperoleh mahasiswa kuliah tanpa bekerja cenderung baik dan cumlaude, karena 42% Mahasiswa yang tidak bekerja mendapat IP diatas 3,70.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar; dan Indeks Prestasi; Metode Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Hilda Khafizhatul Khusna
Date Deposited: 03 Apr 2021 08:19
Last Modified: 03 Apr 2021 08:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12470

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics