Efektivitas penggunaan modul fisika berbasis kearifan lokal materi tata surya terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gombong Kebumen

Novitasari, Dwi Suci (2019) Efektivitas penggunaan modul fisika berbasis kearifan lokal materi tata surya terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gombong Kebumen. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1503066023_DWI SUCI NOVITASARI]
Preview
Text (SKRIPSI_1503066023_DWI SUCI NOVITASARI)
SKRIPSI_1503066023_DWI SUCI NOVITASARI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (24MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan buku pedoman pembelajaran fisika di SMP Muhammadiyah 1 Gombong Kebumen masih bervariasi dan belum diingtegrasikan dengan kearifan lokal. Maka diperlukan bahan ajar yang dapat di digunakan sebagai sumber belajar yang diintegrasikan dengan kearifan lokal. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui efektivitas penggunaan modul fisika berbasis kearifan lokal materi tata surya terhadap hasil belajar dan (2) mengetahui tingkat efektivitas penggunaan modul fisika berbasis kearifan lokal materi tata surya terhadap hasil belajar kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gombong Kebumen. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukan ℎ sebesar 9,26 > sebesar 2,01 yang berarti modul fisika berbasis kearifan lokal materi tata surya efektif terhadap hasil belajar siswa. Tingkat efektivitas kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol dengan perolehan 0,648 kriteria sedang kelas eksperimen dan 0,300 kriteria rendah kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kearifan lokal; Tata surya; Hasil belajar; Modul Fisika; Metode pembelajaran
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fatimatuzzahro Fatimatuzzahro
Date Deposited: 03 Apr 2021 09:31
Last Modified: 23 Dec 2021 03:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12483

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics