Pengaruh persepsi pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap akhlak sosial anak-anak disabilitas di SMPLB Yayasan Putra Pertiwi Tamanwinangun Kebumen semester gasal tahun ajaran 2019/2020

Al faiz, Maulana (2019) Pengaruh persepsi pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap akhlak sosial anak-anak disabilitas di SMPLB Yayasan Putra Pertiwi Tamanwinangun Kebumen semester gasal tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1503016126_Maulana Al Faiz]
Preview
Text (skripsi_1503016126_Maulana Al Faiz)
skripsi_1503016126_Maulana Al Faiz.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Pembelajaran Mapel Pendidikan Agama Islam (PAI) Terhadap Akhlak Anak-Anak Disabilitas di SMPLB Yayasan Putra Pertiwi Tamanwinangun Kebumen. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena krisis dari akhlak anak-anak usia sekolah yang terjadi belakangan ini dan bagaimana peranan dari lembaga sekolah dalam menangani permasalahan tersebut. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh pembelajaran mapel Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembentukan akhlak akhlak anak-anak disabilitas di SMPLB Yayasan Putra Pertiwi Tamanwinangun Kebumen.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Adapun dalam pengambilan data tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMPLB Yayasan Putra Pertiwi Tamanwinangun Kebumen dengan menggunakan metode kuesioner (angket), wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer merupakan data pokok yang diperoleh langsung oleh peneliti menggunakan metode kuesioner (angket). Sedangkan data sekunder merupakan data yang digunakan untuk melengkapi data primer dalam penelitian dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek utama dari penelitian ini adalah anak-anak disabilitas SMPLB Yayasan Putra Pertiwi Tamanwinangun Kebumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran mapel pendidikan agama Islam berpengaruh signifikan atau berpengaruh secara penuh terhadap akhlak anak-anak disabilitas di SMPLB Yayasan Putra Pertiwi Tamanwinangun Kebumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi Pembelajaran; Akhlak Anak; Disabilitas; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Marisatul Aminah
Date Deposited: 07 Apr 2021 06:23
Last Modified: 07 Apr 2021 07:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12505

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics