Implementasi pembelajaran Al-Qur’an melalui metode UMMI di MI Salafiyah Blora tahun pelajaran 2018/2019

Ulmardliyah, Aina (2019) Implementasi pembelajaran Al-Qur’an melalui metode UMMI di MI Salafiyah Blora tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503096094_Aina Ulmardliyah]
Preview
Text (Skripsi_1503096094_Aina Ulmardliyah)
Skripsi_1503096094_Aina Ulmardliyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan
pembelajaran Al-Qur’an melalui metode UMMI di MI Salafiyah Blora 2)
faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an
metode UMMI di MI Salafiyah Blora.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan
penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data
dilaksanakan dengan menggunakan uji trianggulasi. Data yang terkumpul
terkait pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an metode UMMI di MI Salafiyah
blora dengan cara mendiskripsikan dan menginterprestasikan data-data yang
telah didapat, sehingga menggambarkan realita yang sebenarnya sesuai
dengan yang terjadi di lapangan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) langkah-langkah
dalam penerapan metode UMMI diantaranya good manajemen, sertifikasi
guru, tahapan yang baik dan benar, target yang jelas dan terukur, mastery
learning yang konsisten, waktu yang memadai, kualitas kontrol yang intensif,
rasio guru yang proporsional, progress report siswa, dan koordinator yang
handal yang berpedoman pada aturan-aturan yang sudah ditetapkan oleh
UMMI Fondation . 2) proses dalam pelaksanaan pembelajaran pembelajaran
Al-Qur’an metode UMMI yang merujuk pada tahapan-tahapan pembelajaran
UMMI yang telah ditetapkan oleh UMMI Fondation diantaranya pembukaan,
apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan/ketrampilan,
evaluasi, dan penutup dengan pendekatan model pembelajaran
privat/individual, klasikal individual, klasikal baca simak, klasikal baca
simak murni. 3) teknik dalam evaluasi yang telah ditetapkan oleh UMMI
Fondation diantaranya evaluasi harian, kenaikan jilid dan ujian akhir
siswa/munaqosah. 4) faktor pendukung diantaranya guru yang profesional,
faktor minat dan motivasi siswa, dukungan dari orang tua, suport dari
yayasan, adanya koordinator, faktor sarana dan prasarana. Sedangkan
penghambat dalam proses pembelajaran diantaranya kurangnya perhatian
dari orang tua dan kondisi anakyang ramai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Al-Qur’an; Metode UMMI; Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah,MI Salafiyah Blora
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hilda Khafizhatul Khusna
Date Deposited: 07 Apr 2021 04:53
Last Modified: 29 May 2021 03:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12506

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics