Hubungan antara kemampuan menghafal Al-Qur’an (Juz ‘Amma) dengan kecerdasan emosional pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendal Tahun 2018/2019

Najichah, Aina (2019) Hubungan antara kemampuan menghafal Al-Qur’an (Juz ‘Amma) dengan kecerdasan emosional pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendal Tahun 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503096084_Aina Najichah]
Preview
Text (Skripsi_1503096084_Aina Najichah)
Skripsi_1503096084_Aina Najichah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang hubungan antara kemampuan
menghafal al-qur’an (juz ‘amma) dengan kecerdasan emosional. Latar
belakang penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menghafal al-
Qur’an (Juz ‘Amma) tidak cenderung pada kemampuan kognitifnya
saja, namun yang lebih unggul ialah cara siswa mengendalikan
kecerdasan emosionalnya dengan baik. Hal ini terkait dengan
kesulitan siswa dalam menghafal. Permasalahan yang sering terjadi
terkait menghafal al-Qur’an (Juz ‘Amma) yaitu ragu-ragu, mudah
putus asa dan berpersepsi menghafal Juz ‘Amma itu sulit. Tumbuhnya
sikap emosional mampu menciptakan energi yang kuat dalam
menghafal al-Qur’an, sehingga siswa yang kecerdasan emosionalnya
kuat mampu menghafal dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk :
(1) Mengetahui kemampuan menghafal al-Qur’an (Juz ‘Amma) siswa
kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendal. (2) Mengetahui
kecerdasan emosional siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1
Kendal. (3) Mengetahui adanya hubungan antara kemampuan
menghafal al-Qur’an (Juz ‘Amma) dengan kecerdasan emosional
siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendal.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan
pendekatan penelitian kuantitatif. Data yang diperoleh menggunakan
angket, tes dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan teknik
Cluster Sampling dengan sampel sebanyak 35 siswa. Data penelitian
yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Spearmen’s Rho.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Data kemampuan
menghafal al-Qur’an (Juz ‘Amma) siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah
Negeri 1 Kendal, rata-rata yang diperoleh adalah 12,80, median 13,
modus 14, dan standard deviasi 1,677. Berdasarkan analisis ini,
interval 12-15 sebanyak 27 siswa atau 77,1 % menunjukkan dalam
kategori sedang. (2) Tingkat kecerdasan emosional pada siswa kelas
vii
V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendal, Rata-rata yang diperoleh
adalah 76,71, median 77, modus 80, dan standard deviasi 3,945.
Berdasarkan analisis ini, interval 74-79 sebanyak 15 siswa atau 42,9
% menunjukkan dalam kategori sedang. (3) Berdasarkan analisis data
diperoleh rhitung sebesar 0,534 kemudian dikonsultasikan dengan nilai
rtabel pada N = 35 dan signifikansi 5% sebesar 0,334. Hasilnya rhitung
(0,534) > rtabel (0,334) maka hipotesis diterima yaitu terdapat hubungan
yang signifikan antara variabel kemampuan menghafal al-Qur’an (Juz
‘Amma) dengan kecerdasan emosional pada siswa kelas V di
Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendal tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan; menghafal; kecerdasan; emosional; Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 207 Missions and religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hilda Khafizhatul Khusna
Date Deposited: 07 Apr 2021 06:48
Last Modified: 29 May 2021 03:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12512

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics