Pengaruh penggunaan metode everyone is a teacher here terhadap kemampuan pemahaman siswa materi kegiatan ekonomi kelas IV di MI Taufiqiyah Tembalang Semarang Tahun 2018/2019
Munawaroh, Anisatul (2019) Pengaruh penggunaan metode everyone is a teacher here terhadap kemampuan pemahaman siswa materi kegiatan ekonomi kelas IV di MI Taufiqiyah Tembalang Semarang Tahun 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1503096082_Anisatul Munawaroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurang
adanya inovasi guru dalam mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MI Taufiqiyah Tembalang Semarang. Siswa tidak berani menyampaikan pendapatnya selama pembelajaran berlangsung, hal itu terjadi karena suasana pembelajaran sering membuat siswa merasa jenuh. Oleh karena itu peneliti berupaya menggunakan metode everyone is a teacher here agar tercipta suasana belajar yang aktif dan menyenangkan. Metode pembelajaran tersebut dirasa cocok dengan materi kegiatan ekonomi kelas IV di MI Taufiqiyah Tembalang Semarang karena siswa lebih aktif berkomunikasi. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: adakah pengaruh penggunaan metode everyone is a teacher here terhadap kemampuan pemahaman siswa materi kegiatan ekonomi kelas IV di MI Taufiqiyah Tembalang Semarang. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IVA terdiri dari 32 siswa, kelas IVB terdiri
dari 33 siswa, dan kelas IVC terdiri dari 31 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVC sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan metode dokumentasi. Analisa data terdiri atas: uji normalitas dan uji-t. Hasil data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir (post-test) kelas eksperimen adalah 81,94 dan kelas kontrol adalah 72,50. Berdasarkan pada uji rata-rata dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 3,213 dan ttabel = 1,670 atau sebanyak 44,41%. Karena thitung > ttabel berarti rata-rata kemampuan pemahaman siswa kelas eksperimen
yang menggunakan metode everyone is a teacher here lebih baik daripada kemampuan pemahaman siswa kelas kontrol yang
menggunakan metode konvensional pada materi kegiatan ekonomi
kelas IV di MI Taufiqiyah Tembalang Semarang. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir eksperimen= 81,94 dan kelompok kontrol=72,50 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode everyone is a teacher here terhadap kemampuan pemahaman siswa materi kegiatan ekonomi kelas IV di MI Taufiqiyah Tembalang Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan
bahwa penggunaan metode everyone is a teacher here dapat
meningkatkan kemampuan pemahaman. Dengan demikian peneliti
menyarankan agar penggunaan metode everyone is a teacher here dapat digunakan sebagai alternatif metode pembelajaran dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode everyone is a teacher here; metode belajar mengajar; MI Taufiqiyah |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Hilda Khafizhatul Khusna |
Date Deposited: | 07 Apr 2021 06:53 |
Last Modified: | 29 May 2021 03:10 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12515 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year