Pengaruh kompetensi manajerial dan kompetensi supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang

Ngaliyah, Mufti Aimatul (2019) Pengaruh kompetensi manajerial dan kompetensi supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1503036043_MUFTI AIMATUL NGALIYAH] Text (SKRIPSI_1503036043_MUFTI AIMATUL NGALIYAH)
skripsi_1503036043_Mufti Aimatul Ngaliyah.docx - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Kinerja guru merupakan faktor penting untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan sekolah dalam mencapai tujuan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja guru adalah kompetensi manajerial dan kompetensi supervisi kepala sekolah. Dengan kompetensi yang dimiliki kepala sekolah tersebut dapat memberikan sumbangan terhadap kinerja guru. Namun untuk mengetahui seberapa besar pegaruh kompetensi manajerial dan kompetensi supervisi kepala sekolah tehadap kinerja guru masing–masing perlu diteliti.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, responden berjumlah 47 guru, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi, analisis penelitian menggunakan analisis regresi berganda.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, ada pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah tehadap kinerja guru di SD Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang. Dalam variabel nilai koefisien (RX1 Y) 0,425 dan memberikan sumbangan sebesar 20% terhadap kinerja guru. Kedua, ada pengaruh kompetensi supervisi kepala sekolah tehadap kinerja guru di SD Islam Al–Azhar 29 BSB Semarang. Dalam variabel nilai koefisien (RX2Y) yaitu 0,496 dan memberikan sumbangan sebesar 24%. Ketiga, secara bersama-sama kompetensi manajerial dan kompetensi supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Islam Al- Azhar 29 BSB Semarang. Dalam variabel nilai koefisien korelasi X1 X2 Y sebesar 0,436 dan memberikan sumbangan sebesar 41% dan sisanya 69 dipengaruhi oleh variabel lain.
Kepala sekolah dalam usaha nya untuk meningkatkan kinerja guru, maka disarankan selalu membina guru dengan memberikan arahan serta selalu memantau guru dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kinerja guru dan selalu tanggap terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi manajerial; Kompetensi supervisi; Kinerja guru
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 207 Missions and religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Abdul Aziz
Date Deposited: 07 Apr 2021 07:05
Last Modified: 07 Apr 2021 07:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12520

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics