Pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V MI Al Hikmah Polaman Mijen Kota Semarang
Solekhatun, Anggini (2019) Pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V MI Al Hikmah Polaman Mijen Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
skripsi_1503096012_Anggini Solekhatun.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (6MB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model
pebelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC)
terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V MI Al-
Hikmah Polaman Mijen Kota Semarang tahun ajaran 2019/2020.
Pengaruh pada penelitian ini ditunjukan dengan adanya perbedaan ratarata
kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen dengan
kelas kontrol.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan untuk uji perbedaan rata-rata yaitu analisis uji-t. Jumlah
populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V, dengan kelas
V A terdiri dari 20 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas V B yang terdiri
dari 20 siswa sebagai kelas eksperimen.
Berdasarkan hasil test akhir yang dilakukan diperoleh rata-rata
hasil belajar kelas eksperimen adalah 87,95 sedangkan kelas kontrol
memperoleh rata-rata 71,60. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung =
3,768 sedangkan ttabel = 2,024. Maka dapat dikatakan bahwa thitung > ttabel
yang artinya bahwa ada perbedaan yang signifikan antara penggunaan
model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan komunikasi matematis
siswa dengan siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvesional
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran cooperative learning; Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC); Komunikasi matematis; Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah; MI Al Hikmah Polaman |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Marisatul Aminah |
Date Deposited: | 12 Apr 2021 03:43 |
Last Modified: | 29 May 2021 03:54 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12559 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year