Teknologisasi usaha pemindangan ikan di Desa Tanjungsari Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal dalam perspektif ekonomi syariah

Nasirin, M. Choirun (2019) Teknologisasi usaha pemindangan ikan di Desa Tanjungsari Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal dalam perspektif ekonomi syariah. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_132411026_M. CHOIRUN NASIRIN.pdf]
Preview
Text
skripsi_132411026_M. CHOIRUN NASIRIN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang teknologisasi pengolahan ikan pindang, di desa Tanjungsari, kecamatan Rowosari kabupaten Kendal yang dilatarbelakangi adanya peningkatan permintaan ikan pindang sementara kapasitas produksi belum bisa memenuhi kebutuhan pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dampak teknologisasi pengolahan ikan pindang berdampak pada nilai jual ikan pindang di desa Tanjungsari, kecamatan Rowosari kabupaten Kendal
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Sumber data primer dalam penelitian ini adalah pemerintah desa Tanjungsari kecamatan Rowosari kabupaten kendal dan POKLAHSAR desa Tanjungsri. Sedangkan data sekunder peneliti peroleh dari arsip dokumen pihak pemerintah desa Tanjungsari kecamatan Rowosari kabupaten kendal, dan POKLAHSAR desa Tanjungsri. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang penelti gunakan yaitu dengan pendekatan deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa Teknologisasi usaha pemindangan ikan desa Tanjungsari dilakukan dengan beberapa langkah yaitu pendampingan oleh pemerintah desa, kemudian peningkatan kualitas ikan dengan melakukan pelatihan pemindangan ikan, dan melalui pemberian alat-alat produksi ikan pindang yang lebih modern.
Dampak teknologisasi pemindangan terhadap kapasitas produksi sangat besar sedangkan dampak terhadap nilai ikan tetap sama tidak ada peningkatan yang signifikan.
Teknologisasi pemindangan ikan dalam perspektif ekonomi syariah memperhatikan 2 sudut pandang dari sumber daya manusia maupun sumber daya alam. Dalam perspektif ekonomi syariah, teknlogisasi pemindangan yang dilakukan masyarakat desa Tanjungsari kecamatan Rowosari kabupaten Kendal telah mempraktekkan ekonomi syariah berdasarkan etos kerja yakni : bekerja dengan mengenal waktu, ikhlas dalam bekerja, memiliki kejujuran, dan tanggungjawab yang tinggi. Selain itu dr sudut pandang lingkungan dengan adanya teknologisasi lebih ramah lingkungan dan tidak menimblkan mudhorot.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: teknologisasi; Pendampingan; Ikan pindang; Ekonomi syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Achmad Khoiru Nur
Date Deposited: 12 Apr 2021 04:45
Last Modified: 12 Apr 2021 04:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12575

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics