Analisis etika berkomunikasi melalui Facebook mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang (Tinjauan komunkasi Islam)

Shamiago, Iqbal (2019) Analisis etika berkomunikasi melalui Facebook mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang (Tinjauan komunkasi Islam). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1401026087_Iqbal Shamiago.pdf]
Preview
Text
Skripsi_1401026087_Iqbal Shamiago.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi
membuat mahasiswa semakin mudah memproduksi dan
mengkonsumsi sebuah informasi. munculnya media sosial berdampak
terhadap tatanan dari perilaku manusia, baik sebagai sarana informasi
maupun sarana sosialisasi dengan interaksi antar manusia. Facebook
merupakan salah satu media sosial yang banyak diminati oleh
sebagian Mahasiswa fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN
Walisongo Semarang. Media sosial sekarang sebagai tempat segala
aktifitas Mahasiswa yang tidak jarang menyampingkan etika
berkomunikasi. Beberapa problem yang sering terjadi di mahasiswa di
media sosial diantaranya, kurang memperhatikan kebenaran informasi,
memposting informasi yang sifatnya privasi dan memposting
informasi tanpa memperhatikan diksi (pilihan kata) yang baik.
Komunikasi Islam adalah komunikasi yang lebih unggul dari
komunikasi konvensional, karena komunikasi ini bukan hanya
menyampaikan pesan, merubah sikap dan perilaku komunikan. Lebih
dari itu, komunikasi Islam adalah komunikasi yang menyampaikan
kemaslahatan dan kemuliaan antara komunikator dan komunikan.
Komunikasi Islam meliputi Qaulan sadida, prinsip kejujuran untuk
mengatakan kebenaran sesuai fakta. Qaulan marufa, prinsip mengajak
ke nilai yang baik (dakwah). Qaulan balihghan, prinsip kesesuaian
pesan dengan kebutuhan khalayak. Qaulan masyuran, Prinsip
menyajikan pesan yang sesuai dengan aqidah Islam. Qaulan
syawiraa, prinsip bermusyawarah atau mempertimbangan pendapat
orang lain dan dan qaulan az-zur (menghindari kata bohong)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk etika bermedia
sosial Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo
Semarang di Tinjau dari Komunikasi Islam. Adapun penelitian ini
menggunkan teknik snowball sampling. Peneliti melakukan
wawancara terhadap sejumlah mahasiswa Mahasiswa Fakultas
Dakwah Komunikasi UIN Walisongo Semarang hingga 21
mahasiswa. Setelah data jenuh, peneliti menghentikan proses
wawancara. Serta melakukan observasi terhadap mahasiswa FDK
pengguna Facebook. dengan teknik analisis data Miles and
Hubermen. Dari penelitian tersebut, peneliti mendapatkan beberapa
kesimpulan yaitu: Etika Qaulan Sadidan mahasiswa mampu memilah
dan memilih informasi atau tidak asal posting. Etika Qaulan Baligha
mahasiswa dalam melakuka update status intensitasnya rendah. Etika
Qaulan maysura mahasiswa mampu menggunkan kalimat atau bahasa
yang santun dan menggunakan bahasa Indonesia pada bahasa asing.
Etika Qaulan Syawira mahasiswa melakukan tabayyun dengan cara
bertanya atau berdiskusi dengan orang lain. Etika Qaulan Marufa,
mahasiswa memperhatikan narasi postingan dan melihat
kemanfaatanya. Etika Qaulan Az-zur mahasiswa mengikuti akun yang
kredibel.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etika komunikasi; Facebook; Komunikasi dan penyiaran Islam
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 177 Ethics of social relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Irna Latifatul Khoiriyyah
Date Deposited: 13 Apr 2021 02:46
Last Modified: 13 Apr 2021 02:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12584

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics