Peran dakwah K.H. Sofwan Duri dalam upaya peningkatan pengamalan agama masyarakat Desa Ngelokulon Demak

Mahiroh, Jihan Alfiyyah Khantsa (2019) Peran dakwah K.H. Sofwan Duri dalam upaya peningkatan pengamalan agama masyarakat Desa Ngelokulon Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1501036008_Jihan Alfiyyah Khantsa Mahiroh]
Preview
Text (skripsi_1501036008_Jihan Alfiyyah Khantsa Mahiroh)
skripsi_1501036008_Jihan Alfiyyah Khantsa Mahiroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nama: Jihan Alfiyyah Khantsa Mahiroh (1501036008), judul skripsi: Peran Dakwah K.H. Sofwan Duri dalam Upaya Peningkatan Pengamalan Agama Masyarakat Desa Ngelokulon Demak. Penelitian ini dilatarbelakangi kehadiran kiai dengan aktivitas dakwahnya pada dasarnya diharapkan bisa berperan sebagai sosial servicers (petugas sosial) yang akan menjadi social changers (pengubah sosial)dimana kehadiran kiai dengan segala aktivitas dakwahnya diharapkan bisa berperan menjadi pelayan sosial umat, yaitu kiai bisa memberikan bimbingan pemikiran dan perilaku yang diajarkan dalam agama Islam. Kiai di dalam masyarakat mempunyai peranan yang sangat penting sebagaimana peran dakwah kiai dalam masyarakat mempunyai peranan sebagai motivator spiritual bagi masyarakat, terutama bagi masyarakat Desa Ngelokulon dimana peran kiai dalam berdakwah sangat dibutuhkan guna peningkatan pengamalan agama, karena kiai adalah para penerus risalah Nabi dan Rasul, tanpa adanya mereka pesan-pesan dakwah tidak akan sampai pada masyarakat.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peran Dakwah K.H. Sofwan Duri dalam peningkatan pengamalan agama masyarakat Desa Ngelokulon, Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari dakwah K.H. Sofwan Duri dalam upaya peningkatan pengamalan agama masyarakat Desa Ngelokulon Demak. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan menghasilkan data primer yaitu, data yang diperoleh dari lapangan secara langsung antara lain berupa hasil wawancara langsung kepada pihak terkait K.H. Sofwan Duri dan beberapa masyarakat Desa Ngelokulon. Selain itu penulis juga menggunakan data sekunder, sebagai penunjang data primer. Data sekunder yaitu diperoleh dari buku-buku, artikel dan jurnal karya orang lain. Dalam pengumpulan data penulis dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul penulis menganalisis dipertemukan dengan teori dan akhirnya ditarik suatu kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran dakwah K.H. Sofwan Duri dalam Upaya Peningkatan Pengamalan Agama Masyarakat Desa Ngelokulon adalah melalui pendidikan keagamaan dan kegiatan sosial yaitu: dengan mendirikan sebuah pondok pesantren dan mendirikan majelis taklim. Hal tersebut dilakukan supaya mempermudah beliau dalam berdakwah dan menyampaikan ajaran-ajaran Islam. Selain itu adapun faktor pendukung dan penghambat K.H. Sofwan Duri dalam melaksanakan dakwahnya antara lain faktor pendukungnya:Masyarakatnya sangat antusias sekali untuk mengikuti rangkaian kegiatan pengajian terutama bagi kaum perempuan, Kepercayaan masyarakat atas public figur kyai yang menjadi faktor utama, Banyaknya jamaah yang ikut hadir dalam kajian keagamaan. sedangkan faktor penghambatnya: Adanya rasa malas yang menjadi faktor utama ketidak berjalannya kegiatan dakwah, Masih belum stabilnya jamaah yang istiqomah untuk salat berjamaah , kurang terjalinnya antar majelis taklim yang satu dengan majelis taklim yang lain. Semua itu bukan menjadi penghalang bagi K.H. Sofwan Duri untuk terus mengemban dakwahnya dengan mensyiarkan ajaran-ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; K.H. Sofwan Duri; Manajemen Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Sofie Hanna Azizah
Date Deposited: 15 Apr 2021 03:21
Last Modified: 23 May 2021 05:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12593

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics