Strategi pemasaran pembiayaan syariah kepada non muslim di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Ki Ageng Pandanaran Semarang

Himawati, Fatkhiyah eka (2019) Strategi pemasaran pembiayaan syariah kepada non muslim di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Ki Ageng Pandanaran Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1501036010_S1_Fatkhiyah Eka Himawati.pdf]
Preview
Text
skripsi_1501036010_S1_Fatkhiyah Eka Himawati.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nama: Fatkhiyah Eka Himawati, 1501036010, Judul: “Strategi
Pemasaran Pembiayaan Syariah Kepada Non Muslim di Koperasi Simpan
Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Ki Ageng Pandanaran Semarang”
Salah satu lembaga keuangan non bank dalam bidang keuangan
syariah adalah koperasi syariah. Tujuan utama dari pembentukan koperasi
pada umumnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan
masyarakat. Berkenaan dengan terbitnya peraturan menteri
No.16/per/M.KUKM.IX/2015 tentang pelaksanaan kegiatan unit Simpan
Pinjam dan Pembiayaan Syariah oleh Koperasi, maka Koperasi BMT Ki
Ageng Pandanaran pada rapat anggota koperasi tahun 2015 memutuskan
melakukan perubahan anggaran dasar. Pada tanggal 12 Februari 2016
Koperasi BMT Ki Ageng Pandanaran berubah menjadi KSPPS Ki Ageng
Pandanaran dengan Akta Perubahan Anggaran Dasar (PAD) :
04/180/08/PAD/XIV.34/II/2016. Lokasi dari KSPPS Ki Ageng
Pandanaran Semarang ini sebenarnya yang menjadikan penulis tertarik
untuk melakukan penelitian. Karena KSPPS Ki Ageng Pandanaran
terletak di perkampungan yang tidak hanya menganut satu kepercayaan
dan tidak hanya masyarakat muslim saja yang melakukan pembiayaan
syariah tetapi 3% dari 600 nasabah yang melakukan pembiayaan syariah
di KSPPS Ki Ageng Pandanaran adalah non muslim. Pada umumnya
mayoritas KSPPS atau BMT hanya ada nasabah non muslim saja. Dari
sini penulis ingin mengetahui Strategi Pemasaran Pembiayaan Syariah
yang di lakukan oleh KSPPS Ki Ageng Pandanaran Semarang sehingga
dapat menarik nasabah yang berbeda keyakinan (non muslim) untuk
percaya dengan pembiayaan syariah.
Adapun tujuan dari penelitian yaitu: 1. Untuk mengetahui
Strategi pemasaran pembiayaan syariah yang dilakukan KSPPS Ki Ageng
Pandanaran Semarang dalam menarik nasabah non muslim 2. Untuk
mengetahui Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi KSPPS Ki
Ageng Pandanaran Semarang dalam memasarkan Produk Pembiayaan
Syariah kepada non muslim. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data primer
diperoleh langsung dari wawancara dengan bapak Maryono, SE. selaku
Manager, ibu Yayuk Sri Hartati, S.Ag. selaku Kepala Administrasi di
KSPPS Ki Ageng Pandanaran dan beberapa nasabah non muslim di xii
KSPPS Ki Ageng Pandanaran. Sedangkan sumber data sekunder
diperoleh dari buku buku dan dari berbagai sumber yang terkait.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, strategi pemasaran yang
dilakukan KSPPS Ki Ageng Pandanaran masih sederhana, dari mulut ke
mulut dan jemput bola. tidak lepas pula dari komitmen untuk
melaksanakan strategi pemasaran syariah dengan nilai-nilai yang
mengambil konsep dari keteladanan sifat Rasulullah SAW yaitu sifat
shidiq dapat dilihat pada aspek pelayanan pembiayaan yang jujur dan
transparan, amanah dengan menumbuhkan rasa tanggung jawab atas dana
yang terhimpun dari anggota, fathanah dengan mengikuti pelatihan untuk
meningkatkan kualitas SDM, dan tabligh yaitu mengajak sekaligus
memberikan contoh kepada pihak lain untuk melaksanakan ketentuan
ketentuan ajaran islam dalam setiap gerak aktivitas ekonomi yang
dilakukan sehari-hari. Disamping itu KSPPS juga mengembangkan nilai
istiqomah yaitu konsisten dalam penerapan aturan syariah. Disamping itu
KSPPS Ki Ageng Pandanaran Semarang juga menerapkan strategi
pemasaran konvensional yang terdiri dari bauran pemasaran. Namun,
dalam perjalanannya KSPPS lebih menekankan pada nilai keislamannya
dan pemasaran seperti ketuhanan, keindahan, realistis, dan humanis.
Selain itu, spiritual marketing yang digunakan dalam strategi pemasaran
KSPPS Ki Ageng Pandanaran Semarang dinilai efektif karena pada
perkembangannya meskipun menggunakan sistem syariah banyak
kalangan non-muslim tertarik untuk menabung ataupun melakukan
pembiayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Pembiayaan syariah; KSPPS.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Moh Zaki Qowiyun Amin
Date Deposited: 15 Apr 2021 03:47
Last Modified: 23 May 2021 05:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12602

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics