Manajemen pelatihan dakwah di Lembaga Ikatan Da’i Indonesia Kota Semarang

Marwati, Umi (2019) Manajemen pelatihan dakwah di Lembaga Ikatan Da’i Indonesia Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1501036037_UMI MARWATI]
Preview
Text (skripsi_1501036037_UMI MARWATI)
skripsi_1501036037_UMI MARWATI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Umi Marwati. 1501036039 penelitian yang berjudul “Manajemen Pelatihan Dakwah di Lembaga Ikatan Da’i Indonesia Kota Semarang.”Skripsi, Semarang, Program Strata 1 (S1), Jurusan Manajemen Dakwah, UIN Walisongo Semarang.
Ikatan Da’i Indonesia (IKADI) adalah salah satu lembaga dakwah atau organisasi kemasyarakatan yang bersifat keislaman yang diwujudkan dalam bentuk ukhuwah dan silaturahim dalam membina dan mengembangkan ta’aruf (saling mengenal), ta’awun (saling menolong), dan tausiat (saling berwasiat) di jalan kebenaran guna memperkukuh kesatuan dan persatuan bangsa serta mengangkat harkat dan martabat umat manusia. Penulis melakukan penelitian di Ikatan Da’i Indonesia Kota Semarang Sekretariat bersama IKADI Kota Semarang. Lt.2 TKIT Bunayya Semarang Jl. Jangli Krajan E/27 Kr.Anyar Gunung Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana manajemen pelatihan dakwah dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat di Ikatan Da’i Indonesia Kota Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang digunakan penulis adalah data primer dan data sekunder, yang kemudian dianalisis menggunakan model analisis kualitatif model Miles dan Huberman, yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, perencanaan yaitu dengan merumuskan tujuan ; meneruskan syi’ar dakwah Rasulullah, meregenerasi para da’i di Indonesia, melatih para da’i dan da’iyah untuk menyampaikan kalammullah dan hadist-hadist Rasulullah dengan teknik dan metode dakwah yang disesuaikan dengan kondisi zaman dan sasaran pelatihan dakwah ; para calon da’i dan da’iyah, masyarakat umum. Mengorganisasikan kebutuhan pelatihan dakwah ; tempat dan waktu, pelatih, materi, peserta, ATK, LCD, backdrop, lembar soal tes, berita acara, konsumsi, pembiayaan dan proposal. Mengorganisasikan panitia pelaksana pelatihan dakwah ; Steering Committee (Tim Perumus), Usep Badruzzaman (ketua), Aris kurnianto (Sekretaris), Dimas Anafadli dan Diding Darmudi (Anggota). Organizing Committee (Panitia Penyelenggara) ; Wulan Adibah (ketua panitia), Dewi (sekretaris), Titi Sidiq (bendahara), Dimas Anafadli (sie acara), Din (perkap), Agus Sudrajad (publikasi dan okumentasi). Pelaksanaan ; peserta melakukan registrasi di tempat, tidak ada proses chek in dan pembagian kelompok, karena peserta tidak menginap di hotel. Rangkaian kegiatan pelatihan dakwah yaitu pembukaan ; registrasi, pembukaan, ceremonial MC, pembacaan ayat suci Al-qur’an, menyanyikan Lagu Indonesia Raya, sambuatan ketua panitia, sambutan ketua IKADI Kota Semarang, sambutan Ketua IKADI wilayah, penyematan lencana kepada perwakilan peserta, penutup. Proses belajar dan kemudian penutupan. Evaluasi ; kurang persiapan, waktu yang molor, peserta tidak selalu ikut aktif, penilaian belum sempurna,

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen dakwah; Pelatihan dakwah; Lembaga Ikatan Da'i
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Sofie Hanna Azizah
Date Deposited: 20 Apr 2021 03:05
Last Modified: 23 May 2021 05:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12614

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics