Peningkatan kebiasaan salat lima waktu melalui pemberian motivasi multi aspek mata pelajaran Fiqih kelas II MI Fathul Ulum Pandan Harum Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan 2011
Anshoriyati, Siti (2012) Peningkatan kebiasaan salat lima waktu melalui pemberian motivasi multi aspek mata pelajaran Fiqih kelas II MI Fathul Ulum Pandan Harum Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan 2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo Semarang.
093911278_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (2MB) | Preview
093911278_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (39kB) | Preview
093911278_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (201kB) | Preview
093911278_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (38kB) | Preview
093911278_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (75kB) | Preview
093911278_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (19kB) | Preview
093911278_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (15kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan per siklus. Perumusan masalah dalam penilitian ini sebagai berikut: Adakah peningkatan pembiasaan salat lima waktu melalui pemberian motivasi multiaspek mata pelajaran Fiqih kelas II MI Fathul Ulum Pandan Harum Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan 2011?
Sementara teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode, antara lain metode wawancara, observasi dan metode tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan: Hasil penelitian berjudul peningkatan kebiasaan salat lima waktu melalui pemberian motivasi multi aspek mata pelajaran Fiqih kelas II MI Fathul Ulum Pandan Harum Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan, mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian melalui proses Pra Siklus, Siklus I, Siklus II dan Siklus III, dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, pelaksanaan salat Dhuhur pada siklus I mencapai 80.95 %, namun pada siklus II mengalami penurunan sebesar 77.78 % dan siklus III kembali meningkat menjadi 85.71%. Artinya, untuk salat Dhuhur mengalami kecenderungan naik. Kedua, pelaksanaan salat Ashar berbanding pada siklus I sebesar 76.19%, siklus II naik menjadi 88.36% dan siklus III menurun menjadi 85.71%. Maka hasil siklus II mengalami kencenderungan naik. Ketiga, pelaksanaan sholat Magrib berbanding pada siklus I sebesar 93.65%, siklus II naik menjadi 95.77% dan siklus III naik menjadi 96.3%. Maka pelaksanaan salat Maghrib mengalami kecenderungan naik. Keempat, pelaksanaan sholat Isya berbanding pada siklus I sebesar 86.24%, siklus II naik menjadi 86.77 dan siklus III turun 84.13%. Sehingga pelaksanaan salat Isya’ cenderung turun. Kelima, sementara pelaksanaan sholat Shubuh berbanding pada siklus I sebesar 83.07%, siklus II turun 80.42% dan siklus III naik menjadi 86.24% cenderung naik. Dari lima sholat hanya satu yang cenderung turun yakni sholat Isya. Sedangkan empat sholat yang lain cenderung naik.
Namun demikian berdasarkan prosentase secara keseluruhan menunjukkan kenaikan, yaitu prosentase pada siklus pertama 84.02 %, pada siklus II naik menjadi 85.82 dan pada siklus III naik menjadi 87.82. Maka data tersebut menunjukan peningkatan kebiasaan salat lima waktu melalui pemberian motivasi multi aspek mata pelajaran Fiqih kelas II MI Fathul Ulum Pandan Harum Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan mempunyai kecenderunga naik
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Salat Lima Waktu; Pelajaran Fiqih; Strategi Pembelajaran |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 31 Dec 2013 07:18 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 09:42 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1262 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year