Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan nasabah memilih produk tabungan BNI IB Hasanah

Masruroh, Hidayatul (2019) Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan nasabah memilih produk tabungan BNI IB Hasanah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505036031_Hidayatul Masruroh]
Preview
Text (Skripsi_1505036031_Hidayatul Masruroh)
Skripsi_1505036031_Hidayatul Masruroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keputusan nasabah dalam memilih produk maupun
perbankan syariah yang akan digunakan tidak terlepas dari faktorfaktor
tertentu yang sudah diketahui atau dikenal sebagai
pertimbangan. Pengenalan perbankan syariah yang tidak utuh kepada
masyarakat akan membuat pemahaman masyarakat tentang bank
syariah maupun produknya tidak menyeluruh dimana salah satunya
pemahaman akan produk tabungan iB Hasanah serta akad yang
digunakan. Sehingga beberapa masyarakat memutuskan
menggunakan tabungan iB Hasanah dengan jenis akad wadiah
maupun mudharabah hanya mengikuti panutannya yang juga
menggunakan. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan pengenalan
produk sangat bergantung pada kegiatan komunikasi pemasaran atau
promosi, dimana dalam promosi terdapat beberapa sarana yang terdiri
dari periklanan, promosi penjualan, publisitas dan personal selling.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Bauran promosi
yang terdiri dari Periklanan, Promosi Penjualan, Publisitas dan
Personal Selling terhadap keputusan nasabah memilih produk
tabungan BNI iB Hasanah di BNI Syariah KCP Hidayatullah
Banyumanik.
Penelitian ini menggunakan data primer yaitu melalui
kuesioner (angket) dengan menggunakan skala pengukuran yaitu
skala likert. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 orang
responden dibagikan kepada nasabah tabungan iB Hasanah akad
wadiah maupun mudharabah BNI Syariah KCP Hidayatullah
Banyumanik secara acak. Metode analisis yang digunakan adalah
analisis kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linier
berganda dengan bantuan program SPSS versi 23.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa
periklanan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap
keputusan nasabah sedangkan promosi penjualan,publisitas dan
personal sellingberpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan nasabah. Kemampuan prediksi keempat variabel
independen terhadap keputusan nasabah sebesar 32,8% yang
ditunjukkan dari besarnya R Square (R2) sisanya 67,2% dipengaruhi
oleh variabel lain diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Periklanan; Promosi penjualan; Publisitas; Personal selling; Nasabah; Perbankan Syariah; BNI IB Hasanah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Irna Latifatul Khoiriyyah
Date Deposited: 19 Apr 2021 03:58
Last Modified: 11 Jun 2021 07:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12645

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics