Strategi dakwah bagi remaja milenial(studi kasus Keluarga Remaja Islam Masjid (KARISMA) Baitul Muttaqin Kauman Mranggen Demak)
Innada, Tahta Nida (2019) Strategi dakwah bagi remaja milenial(studi kasus Keluarga Remaja Islam Masjid (KARISMA) Baitul Muttaqin Kauman Mranggen Demak). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1501036143_Tahta Nida Innada.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh remaja milenial yang rentan
terpengaruh oleh perkembangan globalisasi dan teknologi. Perkembangan
globalisasi memicu banyak sekali penyimpangan yang dilakukan oleh
remaja milenial. Penyimpangan ini jika dibiarkan akan merusak moral,
bangsa, dan negara. Maka diperlukan suatu wadah khusus dalam
mencegah rusaknya akhlak remaja milenial. Skripsi ini fokus terhadap
masalah strategi dakwah bagi remaja milenial organisasi Keluarga
Remaja Islam Masjid (KARISMA) Baitul Muttaqin yang berada di Desa
Mranggen Kabupaten Demak.
Penelitian ini merupakan salah satu upaya penulis untuk
mengetahui: (1) Mengetahui strategi dakwah bagi remaja milenial di
KARISMA Baitul Muttaqin Kauman Mranggen Demak. (2)
Mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan faktor
penghambat strategi dakwah bagi remaja milenial di KARISMA Baitul
Muttaqin Kauman Mranggen Demak.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu
penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis, atau lisan
dari orang-orang atau perilaku yang dapay diamati dengan tujuan untuk
menggambarkan keadaan sasaran penelitian menurut apa adanya. Sumber
data yang digunakan adalah sumber data primer berupa informasi�informasi dari lapangan melalui pengamatan secara langsung di Keluarga
Remaja Islam Masjid Baitul Muttaqin Kauman Mranggen Demak tentang
strategi dakwah, kemudian sumber data sekunder yang berupa buku, data�data dokumentasi, dan arsip-arsip KARISMA. Teknik pengumpulan data
yang digunakan antara lain berupa wawancara, observasi dan
dokumentasi. Langkah-langkah analisis datanya yaitu reduksi data,
display data (penyajian data) dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi dakwah
Keluarga Remaja Islam Masjid (KARISMA) Baitul Muttaqin Kauman
Mranggen Demak memanfaatkan kemajuan teknologi dengan cara a)
Membuat Grup Whatsapp b) Membuat Akun Sosial Media berupa
Facebook dan Instagram c) Ndiba’an atau Perjanjen d) Kuliah subuh e)
Perayaan Hari Besar Islam (PHBI), f) Pelatihan khitobah, g) Tadabur
alam, h) Kegiatan sosial berupa pembagian takjil dan pembagian daging xii
kurban. 2) Faktor pendukung dan penghambat a) Faktor pendukung yaitu
Kerjasama antara pengurus dan anggota dalam menjalankan kegiatan�kegiatan yang diadakan oleh KARISMA. Dukungan dari masyarakat
dalam proses membentuk remaja milenial yang baik dan rilegius.
Teknologi yang memudahkan anggota dan masyarakat luas mengenal
Karisma. Banyak dukungan baik dari pengurus, alumni, takmir masjid,
maupun masyarakat disekitar masjid. b) Faktor penghambat yaitu anggota
belum bisa mengatur waktu antara sekolah dan berorganisasi. Anggota
Karisma rata-rata masih bersekolah, sehingga kewajibannya adalah
sekolah. Oleh karena itu anggota terkesan kurang antusias dan tidak aktif.
sulitnya menyatuan pendapat antar anggota yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi dakwah; Remaja milenial; Keluarga Remaja Islam Masjid (KARISMA) |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD) |
Depositing User: | Moh Zaki Qowiyun Amin |
Date Deposited: | 19 Apr 2021 03:29 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 02:30 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12654 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year