Pengaruh persepsi masyarakat pedesaan dan perkotaan tentang perbankan syariah terhadap minat menjadi nasabah bank syariah di Kabupaten Pati (studi kasus masyarakat Kecamatan Gabus dan Kecamatan Pati)

Firdausy, Choirun Nada (2019) Pengaruh persepsi masyarakat pedesaan dan perkotaan tentang perbankan syariah terhadap minat menjadi nasabah bank syariah di Kabupaten Pati (studi kasus masyarakat Kecamatan Gabus dan Kecamatan Pati). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1505036034_CHOIRUN NADA FIRDAUSY.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_1505036034_CHOIRUN NADA FIRDAUSY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bank syariah adalah sebuah lembaga keuangan yang secara
operasional berbeda dengan bank konvensional. Sebagai pendatang baru,
konsep bank syariah mengalami situasi yang sulit karena masyarakat
lebih dulu mengenal bank konvensional sehingga tidak banyak
masyarakat yang paham tentang bank syariah. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, sosialisasi dan letak bank
syariah terhadap minat menjadi nasabah bank syariah pada masyarakat
pedesaan dan perkotaan. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat
Kecamatan Gabus sebanyak 100 responden dan Kecamatan Pati sebanyak
100 responden.
Adapun penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sumber
data pada penelitian ini adalah data primer. Metode pengumpulan data
dilakukan dengan kuesioner. Sedangkan data dianalisis dengan
menggunakan analisis regresi linier berganda. Variabel pada penelitian
ini terdiri dari variabel independen yang meliputi pengetahuan, sosialisasi
dan letak bank syariah, serta variabel dependen tentang minat menjadi
nasabah bank syariah.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel
pengetahuan pada masyarakat pedesaan dan perkotaan berpengaruh
positif signifikan terhadap minat menjadi nasabah bank syariah dengan
nilai signifikansi keduanya sebesar 0,000. Variabel sosialisasi pada
masyarakat pedesaan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat
menjadi nasabah bank syariah dengan nilai signifikansi 0,519 sedangkan
pada masyarakat perkotaan sosialisasi berpengaruh signifikan terhadap
minat menjadi nasabah bank syariah dengan nilai signifikansi 0,040.
Variabel letak bank syariah pada masyarakat pedesaan berpengaruh
signifikan terhadap minat menjadi nasabah bank syariah dengan nilai
signifikansi 0,000 sedangkan pada masyarakat perkotaan tidak
berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi bank syariah dengan nilai
signifikansi 0,969. Pengetahuan, sosialisasi dan letak bank syariah pada
masyarakat pedesaan secara bersama-sama berpengaruh positif dan viii
signifikan terhadap minat menjadi nasabah bank syariah nilai signifikansi
0,000. Dan Pengetahuan, sosialisasi dan letak bank syariah pada
masyarakat perkotaan secara bersama-sama berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat menjadi nasabah bank syariah nilai signifikansi
0,000.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Presepsi masyarakat; Bank syariah; Nasabah bank syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fathul Hidayah
Date Deposited: 19 Apr 2021 03:20
Last Modified: 11 Jun 2021 07:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12659

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics