Analisis strategi komunikasi pemasaran pada “kurban online” dompet dhuafa Jawa Tengah dalam meningkatkan kepercayaan donatur

Pratiwi, Indah yulia (2019) Analisis strategi komunikasi pemasaran pada “kurban online” dompet dhuafa Jawa Tengah dalam meningkatkan kepercayaan donatur. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1505026010_indah yulia pratiwi]
Preview
Text (SKRIPSI_1505026010_indah yulia pratiwi)
SKRIPSI_1505026010_indah yulia pratiwi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program kurban online di (Tebar Hewan Kurban) Dompet Dhuafa Jawa Tengah dibentuk pada tahun 1994, adanya program ini karena diharapkan dapat membantu menjawab masalah kegelisahan masyarakat dikalangan menengah keatas yang tergolong sibuk dan tidak sempat mengurus hewan kurbannya tersalurkan selain ditempat mereka menetap. Tujuan dari program ini adalah agar masyarakat didaerah terpenci likut merasakan penyembelihan hewan kurban serta pendistribusian hewan kurban yang merata supaya tidak hanya masyarakat diperkotaan saja yang dapat merasakan daging kurban.
Penelitian ini berjudul Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Kurban Online Dompet Dhuafa Jawa Tengah Dalam Meningkatkan Kepercayaan Donatur, penelitian ini mengetengahkan 2 masalah, yakni : (1) bagaimana mekanisme pengelolaan kurban online di Dompet Dhuafa Jawa Tengah ? (2) bagaimana strategi komunikasi pemasaran kurban online Dompet Dhuafa Jawa Tengah dalam meningkatkan kepercayaan donatur ? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui mekanisme pengelolaan program kurban online di Dompet Dhuafa Jawa Tengah. (2) Mengetahui strategi komunikasi pemasaran kurban online dalam meningkatkan kepercayaa n donatur.
Jenis penelitian ini bersifat kualitatif deskriftif, dengan menggunakan beberapa informan untuk melakukan observasi dan wawancara. Sumber data yang digunakan adalah informasi yang bersumber dari pengamatan langsung ke lokasi penelitian dengan cara observasi dan wawancara. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian secara langsung dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mekanisme pengelolaan kurban online di THK Dompet Dhuafa Jawa Tengah dimulai dari memesan , memilih, membayar, pengecekan kualitas dan kuantitas, penyaluran hingga pembuktian (dokumentasi) dengan pembayaran yang dapat dilakukan secara langsung (di konter THK) dan secara tidak langsung (websitse atau situs perbelanjaan). Strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan kurban online di THK (Tebar Hewan Kurban) Dompet Dhuafa ialah dengan menentukan segemtasi pasar, target pasar, penentuan posisi (positioning), kemudian dengan bauran pemasaran yaitu, produk, harga, distribusi, promosi. Strategi komunikasi pemasaran, memanfaatkan internet sosial media seperti, facebook, instagram, twitter, google ads, dan email. Tidak hanya itu saja strategi pemasaran Dompet Dhuafa Jawa Tengah secara offline melalui konter di pusat perbelanjaan, menyebar brosur kemasjid-masjid yang ada di perkotaan, memasang billboard, spanduk, x-banner dan mini banner.
Kata kunci : strategi, Komunikasi Pemasaran, THK Dompet Dhuafa Jawa Tengah.
The online sacrifice program at (Spread Animal Sacrifice) Dompet Dhuafa in Central Java was formed in 1994, this program is expected to be able to help answer the problem of public anxiety among the middle and upper classes that are classified as busy and do not need to sacrifice animals distributed at the intended destination. The purpose of this program is for the people in the polarized area to get sacrificial animals slaughter and distribution of sacrificial animals which are prepared not only for the enriched people, but only for those who can produce sacrificial meat.
This study is entitled Analysis of Marketing Strategies for Online Sacrifice Marketing at Dompet Dhuafa in Central Java in Increasing the Trust of Donors. (2) what is the marketing strategy of the online sacrifice of Dompet Dhuafa Central Java in increasing donor trust? The purpose of this study is (1) Knowing the mechanism of online sacrifice program management in Dompet Dhuafa, Central Java. (2) Knowing the online sacrificial marketing communication strategy in increasing donor trust.
This type of research is descriptive qualitative, using several informants to conduct observations and interviews. Sources of data used are information sourced from direct observation to the research location by observation and interview. Data collection is done through direct research with observation, interviews, and documentation.
The results of this study indicate that the mechanism of online sacrifice management at THK Dompet Dhuafa, Central Java starts from ordering, choosing, paying, checking quality and quantity, distribution to proof (documentation) with payments that can be made directly (at the THK counter) and indirectly (website or shopping site). Marketing communication strategy applied online sacrifice at Dompet Dhuafa is to determine market segregation, target market, positioning, then with a marketing mix of products, prices, distribution, promotion. Marketing communication strategies, utilizing social media internet like, facebook, instagram, twitter, google ads, and email. Not only that, the marketing strategy of Dompet Dhuafa offline through counters in shopping centers, distributing brochures in mosques in urban areas, installing billboards, banners, x-banners and mini banners.
Keywords: strategy, Marketing Communication, THK Dompet Dhuafa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi pemasaran; Kurban online; Dompet Dhuafa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places (Masjid). Pilgrims (Haji, Umrah)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Achmad Khoiru Nur
Date Deposited: 19 Apr 2021 03:05
Last Modified: 19 Apr 2021 03:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12661

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics