Manajemen program life skill (kecakapan hidup) dalam upaya peningkatan kemandirian santri Pondok Pesantren Life Skill Daarun Najaah Semarang

Rohmah, Arini (2019) Manajemen program life skill (kecakapan hidup) dalam upaya peningkatan kemandirian santri Pondok Pesantren Life Skill Daarun Najaah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1501036150_Arini Rohmah.pdf]
Preview
Text
skripsi_1501036150_Arini Rohmah.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya Pondok Pesantren
yang menambahkan program life skill dalam kegiatannya. Program life
skill ini berisi kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan ketrampilan
para santri supaya santri tidak hanya terbekali dengan ilmu agama saja,
namun juga ilmu ketrampilan yang berguna bagi santri untuk menghadapi
dunia luar. Ketrampilan yang nanti diasah saat pelaksanaan program life
skill ini juga akan meningkatkan kemandirian santri. Maka dari itu,
penulis mengangkat rumusan masalah berupa: 1) Bagaimana manajemen
program life skill (kecakapan hidup) dalam upaya peningkatan
kemandirian santri Pondok Pesantren Life Skill Daarun Najaah
Semarang? dan 2) Bagaimana hasil program life skill terhadap
kemandirian santri Pondok Pesantren Life Skill Daarun Najaah?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode
pengumpulan data. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis Miles
and Huberman yaitu merupakan analisis data kualitatif yang dilakukan
secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya jenuh.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen
program life skill yang dilakukan di Pondok Pesantren Life Skill Daarun
Najaah Semarang yaitu pertama dalam perencanaan ini dilakukan dengan
merencanakan kegiatan life skill rebana, kewirausahaan, hidroponik,
Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Fotografi, jurnalistik dan buletin,
pemograman falak, desain grafis, qiro’ah, dan web builder setahun
kedepan, menetapkan tujuan dari kegiatan life skill, dan menentukan
sumber-sumber daya yang diperlukan dalam program life skill. Lalu
pengorganisasian disini menetapkan struktur organisasi dan
mengalokasikan sumber daya, serta pelatihan dan pengembangan sumber
daya dalam program life skill . Pelaksanaan dilaksanakan serentak pada
malam ahad dengan membuat kelompok perdevisi atau tutor yang
mengarahkan. Kemudian pengawasan yang dilakukan meliputi ,
mempertahankan standar pada pelaksanaan program life skill apakah
sudah berjalan dengan baik, membandingkan kinerja saat ini dengan
standar kinerja, dan melakukan koreksi terdeteksi adanya penyimpangan
dalam pelaksanaan program life skill pada saat pertemuan dengan
pengasuh hari selanjutnya. Lalu hasil penelitian hasil program life skillxii
terhadap kemandirian santri adalah santri memiliki kemandirian dengan
aspek aspek kemandirian emosi, kemandirian ekonomi, kemandirian
intelektual, dan kemandirian sosial.
Kata Kunci: Manajemen, Life Skill, Peningkatan Kemandirian
Santri

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Life Skill; Peningkatan kemandirian santri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 204 Religious experiences, life, practice
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ahmad Wahri Ma'ruf
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:13
Last Modified: 23 May 2021 06:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12666

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics