Pengaruh promosi dan jaringan kantor terhadap keputusan menabung di bank syariah bagi masyarakat Kelurahan Jatimulya Kabupaten Bekasi

Kahfi, Muhammad (2019) Pengaruh promosi dan jaringan kantor terhadap keputusan menabung di bank syariah bagi masyarakat Kelurahan Jatimulya Kabupaten Bekasi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505036092_Muhammad Kahfi]
Preview
Text (Skripsi_1505036092_Muhammad Kahfi)
Skripsi_1505036092_Muhammad Kahfi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

2016 menunjukkan bahwa tingkat literasi (pemahaman) dan tingkat
inklusi (pemanfaatan) masyarakat tentang produk dan jasa keuangan
syariah masih rendah. Hal tersebut ditunjukkan dengan indeks literasi
keuangan syariah baru mencapai sebesar 8,11% dan indeks inklusi
keuangan syariah sebesar 11,06%. Sementara indeks literasi keuangan
konvensional mencapai 29,66% dan indeks inklusi keuangan sebesar
67,82%. Saat ini market share bank syariah di Indonesia masih terbilang
rendah, sekitar 5,70% kurang dari 10% total asset bank secara nasional.
Fenomena tentang rendahnya minat menabung tersebut di bank syariah
merupakan salah satu pokok permasalahan yang harus dipecahkan.
Pasalnya jumlah nasabah bank syariah saat ini masih dibawah 10 juta
orang, sehingga potensi peningkatan nasabah perbankan syariah masihlah
sangat besar mengingat jumlah penduduk usia produktif Indonesia terus
bertambah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh
mana Pengaruh Promosi dan Jaringan Kantor Terhadap Keputusan
Masyarakat Menabung di Bank Syariah.
Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability
sampling dengan teknik purposive sampling yang berjumlah 100
responden yaitu masyarakat Kelurahan Jatimulya Kabupaten Bekasi.
Data diambil dengan cara menyebarkan angket berupa kuesioner kepada
Masyarakat Kelurahan Jatimulya. Pengujian dalam penelitian ini
menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan SPSS versi
16.0.
Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa pengaruh
promosi terhadap keputusan masyarakat Kelurahan Jatimulya Kabupaten
Bekasi untuk menabung di bank syariah berpengaruh positif. Dilihat dari
nilai signifikansi uji t sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05.
Pengaruh jaringan kantor terhadap keputusan masyarakat Kelurahan
Jatimulya Kabupaten Bekasi untuk menabung di bank syariah
berpengaruh positif. Hal ini dilihat dari nilai signifikansi uji t sebesar
0,000 < 0,05. Nilai koefisien determinasi ( ) diperoleh sebesar 0,590
yang berarti variabel promosi dan variabel jaringan kantor memberikan pengaruh keputusan masyarakat kelurahan jatimulya untuk menabung di
bank syariah sebesar 59% sedangkan sisanya 41% dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak termasuk dalam variabel penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Promosi; Jaringan Kantor; Keputusan Menabung; Bank syari'ah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Hanik Widiyastuti
Date Deposited: 16 Apr 2021 06:51
Last Modified: 11 Jun 2021 07:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12693

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics