Analisis perbandingan BOPO, FDR, dan ROE Bank BTPN Syariah sebelum dan setelah penerapan branchless banking

Amalia, Haniatul (2019) Analisis perbandingan BOPO, FDR, dan ROE Bank BTPN Syariah sebelum dan setelah penerapan branchless banking. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505036097_Haniatul Amalia]
Preview
Text (Skripsi_1505036097_Haniatul Amalia)
Skripsi_1505036097_Haniatul Amalia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Program Branchless Banking adalah salah satu kebijakan yang dilaksanakan oleh otoritas jasa keuangan (OJK) untuk memperluas layanan perbankan kepada masyarakat. Branchless Banking diharapkan mampu meningkatkan kinerja keuangan pada bank BTPN Syariah karena dengan adanya Branchless Banking maka penghimpunan dana maupun penyaluran dana akan semakin merata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan Biaya Operasional pada Pendapatan Operasional (BOPO), Financing to Deposit Ratio (FDR), Return on Asset (ROE), dan Return on Equity (ROE) Bank BTPN Syariah sebelum dan setelah penerapan Branchless Banking. Penulis menggunakan metode kuantitatif dan jenis data yang digunakan adalah data sekunder.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan triwulan Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah periode 2014-2018. Sedangkan metode yang digunakan yaitu metode komparatif dengan alat uji statistik parametrik Paired Sample t test. Hasil penelitian ini diolah dengan program SPSS Versi 16.0.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Biaya Operasional pada Pendapatan Operasional (BOPO), Return on Asset (ROE), dan Return on Equity (ROE), terdapat perbedaan yang signifikan, karena memiliki nilai sig. < 0,05 dan nilai t-hitung > t-tabel. Sedangkan variabel Financing to Deposit Ratio (FDR), tidak memiliki perbedaan yang signifikan karena memiliki nilai sig. > 0,05 dan nilai t-hitung < t-tabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Branchless Banking; BOPO; FDR; ROA; ROE; Bank BTN Syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Hanik Widiyastuti
Date Deposited: 16 Apr 2021 06:50
Last Modified: 02 Jun 2021 08:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12694

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics