Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumsi mahasiswa (Study kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang)

Azizah, Nur (2019) Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumsi mahasiswa (Study kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang). Undergraduate (S1) thesis, UIN WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1505026017_NUR AZIZAH.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_1505026017_NUR AZIZAH.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Status sosial ekonomi merupakan suatu tingkatan atau
kedudukan seseorang didalam masyarakat yang dilihat dari tingkat
pendidikan, tingkat pekerjaan, tingkat penghasilan dan kekayaan serta
pengeluaranya. Teman sebaya (Peer Groub) adalah kelompok sosial
yang anggotanya terdiri dari orang yang memiliki usia sebaya, baik
anak-anak, orang dewasa, orang tua, mereka memiliki kesamaan
dalam berfikir, bertindak dan juga berangan-angan. Mahasiswa
merupakan remaja yang lebih mudah terpengaruh pola hidup
konsumtif atau pola hidup yang berlebihan. Adapun tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah status sosial ekonomi
orang tua dan kelompok teman sebaya berpengaruh secara simultan
terhadap perilaku konsumsi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field study
reseach) yaitu dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Sampel sebanyak 100
Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo
Semarang yang diambil secara random sampling. Analisis kuantitatif
meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis
determinasi (R
2
),sedangkan pengelolaan datanya menggunakan SPSS
16.
Hasil penelitian menunjukan (1) Status sosial ekonomi
berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap perilaku konsumsi
mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam Universitas Islam
Negeri Walisongo Semarang. (2) Kelompok teman sebaya
berpengaruh terhadap perilaku konsumsi mahasiswa fakultas ekonomi
dan bisnis islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. (3)
Status sosial ekonomi dan Kelompok teman sebaya secara bersama�sama secara simultan berpengaruh positif terhadap perilaku konsumsi
mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam Universitas Islam
Negeri Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Status Sosial Ekonomi Orang Tua; Kelompok Teman Sebaya; Perilaku Konsumsi.
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
300 Social sciences > 390 Customs, etiquette, folklore
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fathul Hidayah
Date Deposited: 16 Apr 2021 06:48
Last Modified: 16 Apr 2021 06:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12695

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics