Pengaruh iklim lingkungan fisik dan iklim lingkungan sosial terhadap motivasi belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Salatiga
Tulusmono, Tulusmono (2009) Pengaruh iklim lingkungan fisik dan iklim lingkungan sosial terhadap motivasi belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Salatiga. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo Semarang.
520054_Tulusmono_fulltesis.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Motivasi belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Salatiga dapat dipengaruhi beberapa faktor. Penulis memilih iklim lingkungan fisik dan Iklim lingkungan Sosial untuk diteliti karena kondisi fisik dan pergaulan sosial dalam banyak kasus memberi kontribusi dorongan atau spirit yang signifikan terhadap keberhasilan pembelajaran siswa. Tesis ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pokok penelitian dibatasi pada pembahasan Iklim lingkungan fisik sebagai variabel bebas (X1), Iklim Lingkungan sosial sebagai Variabel (X2), dan Motivasi belajar siswa sebagai variabel terikat (Y). Populasinya adalah 540 siswa MTsN yang terdiri dari siswa kelas 7 dan 8. sebagian masyarakat berpandangan MTs Negeri Salatiga merupakan lembaga pendidikan yang tidak kualified karena motivasi belajar siswanya rendah,sehingga
dalam tiga tahun terakhir ini tidak dapat meluluskan siswanya 100%. fenomena ini menarik untuk diteliti. Peneliti menggunakan rumus Slovin dan pendekatan proporsional Random Sampling serta teknik formula fungsi f(x) Excel untuk memilih 85 responden dan sebagai sample penelitian. Validitas Instrumen diuji dengan rumus korelasi product moment. Sedangkan reliabilitas diuji dengan rumus Koefisien Alpha. Instrumen dinyatakan valid dan dinyatakan Reliabel. Jawaban Angket penelitian dianalisis dengan Rumus persamaan Regresi berganda Y = a + b1x1 + b2x2. Hasil analisis parsial iklim lingkungan fisik (x1) terdapat kontribusi sebesar 10,24% dan Iklim lingkungan sosial (x2) terdapat kontribusi sebesar 10,5%. Dan hasil analisis simultan variabel x1 dan x2 sekaligus terhadap motivasi belajar siswa (Y) terdapat kontribusi sebesar 24,8%, kontribusi ini tergolong besar sebab ranah penelitian kuantitatif ilmu sosial hanya dipersyaratkan 5% saja; berarti 75,2% sisanya berasal dari faktor lain di luar kajian penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Iklim; Lingkungan Fisik; Lingkungan Sosial; Motivasi Belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 06 May 2021 05:52 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 12:06 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12714 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year