Implementasi dakwah bil-hal pimpinan anak cabang gerakan pemuda ansor Kecamatan Genuk tahun 2019

Amrullah, M Imron (2020) Implementasi dakwah bil-hal pimpinan anak cabang gerakan pemuda ansor Kecamatan Genuk tahun 2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_131311091_M Imron_Amrullah]
Preview
Text (SKRIPSI_131311091_M Imron_Amrullah)
131311091_M Imron Amrullah_Full Skripsi - Imron Amrullah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ansor merupakan organisasi massa di bawah naungan Nahdlatul Ulama' yang memiliki visi ingin mewujudkan masyarakat sejahtera yang dijiwai ajaran Islam ahlussunnah wal jama'ah dalam negara kesatuan Republik Indonesia, Gerakan Pemuda Ansor memiliki karakter sebagai organisasi kemasyarakatan yang bersifat sosial keagamaan. Ansor sebagai organisasi dakwah memerlukan kader yang berkualitas untuk melaksanakan tugas dakwah di tengah masyarakat. Secara intitusi upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan pembinaan kader yang disiapkan untuk menjadi da’i di tengah masyarakat. Permasalahannya adalah bagaimana implementasi dakwah bil hal PAC. GP. Ansor Kecamatan Genuk. Penelitian ini bertujuan untuk menggetahui: (1) Implementasi dakwah bil hal PAC. GP.Ansor Kecamatan Genuk dan (2) kendala dalam Implementasi dakwah bil hal PAC. GP. Ansor Kecamatan Genuk. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan spesifikasi pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis dalam penyusunan skripsi ini adalah observasi, metode interview (wawancara) dan dokumentasi. Adapun metode analisis yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi dakwah bil hal yang dilakukan oleh PAC. GP. Ansor Kecamatan Genuk melalui berbagai kegiatan diantaranya santunan anak yatim dan yatim piatu, peduli banjir, Jambanisasi, pembagian takjil, posko mudik lebaran. Kegiatan dakwah dilakukan dengan menggunakan manajemen dakwah mulai dari perencanaan sampai pengawasan yang berkesinambungan, sedangkan pendanaan dari dakwah bil hal didapatkan dari donator yang berasal dari anggota dan masyarakat yang dilakukan oleh PAC. GP. Ansor Kecamatan Genuk. (2) Faktor penghambat dalam Implementasi dakwah bil hal yang dilakukan oleh PAC. GP. Ansor Kecamatan Genuk menyangkut dua factor yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Adapun faktor internal yang dapat menghambat Implementasi dakwah bil hal di PAC. GP. Ansor adalah padatnya waktu dan aktivitas pengurus dan anggota. Sedangkan faktor eksternal yang dapat menghambat Implementasi dakwah bil hal di PAC. GP. Ansor adalah kurangnya donator yang menyumbang di PAC. GP. Ansor Kecamatan Genuk.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah Bil Hal; Manajemen Dakwah; Organisasi Massa NU, Ansor
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 22 May 2021 02:45
Last Modified: 22 May 2021 02:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12738

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics