Penerapan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Sholat untuk Meningkatkan Pemahaman pada Anak Usia Dini di RA Al Muna Semarang
Chasanah, Chasanah (2012) Penerapan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Sholat untuk Meningkatkan Pemahaman pada Anak Usia Dini di RA Al Muna Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093911296_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (896kB) | Preview
093911296_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (90kB) | Preview
093911296_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (127kB) | Preview
093911296_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (42kB) | Preview
093911296_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (95kB) | Preview
093911296_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (13kB) | Preview
093911296_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (9kB) | Preview
Abstract
Tujuan yang menjadi kajian peneliti, yakni: 1) untuk mengetahui penerapam metode demonstrasi dalam pembelajaran sentra religi materi sholat kelompok Al Aziz RA Al Muna Semarang. 2) untuk mengetahui relevansi metode demonstrasi dalam meningkatkan daya ingat siswa dalam pembelajaran sentra religi materi pokok sholat kelompok AL aziz RA Al Muna Semarang.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang di lakukan melalui tiga siklus setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui metode demonstrasi, metode observasi, dan metode test. Indikator ketuntasan penelitian berupa tercapainya ketuntasan balajar.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) yang dilakukan oleh guru dalam pelaksanaan metode demonstrasi pada pembelajaran sentra religi materi sholat kelompok Al Aziz RA Al Muna Semarang yakni guru mempersiapkan SKH(Satuan Kegiatan Harian) dan perangkat pembelajaran dengan baik. Guru harus lebih meningkatkan morivasi peserta didik. Guru harus lebih dapat menjelaskan alur pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi. Guru harus mendemonstrasikan sholat secara pelan-pelan, guru menyuruh peserta didik unuk mengamati segala kegiatan demonstrasi yang dilakukan oleh guru dan teman yang lebih bisa. Guru harus berkeliling mendekati peserta didik dan mencatat kegiatan yang terjadi di dalam kelas selama kegiatan demonstrasi berlangsung. Guru mengisi lembar observasi siswa, 2) hasil belajar siswa pada materi sholat dapat diketehui dengan pre tes peserta pendidikan, setelah dilakukan tindakan pada siklus I ketuntasan belajar peserta didika mencapai 50,0%. Pada siklus II ketuntasan balajar siswa mencapai 75,0% . Pada siklus III ketuntasan balajar siswa mencapai 91,7,0%. Hal ini menunjukkan bahwa merode demonnstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sentra religi materi sholat karena telah mencapai kriteria ketuntasan minimal.
Berdasarlan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga kerja, para peneliti dan semua pihak syang membutuhkan di lingkungan IAIN Walisongo Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Metode Demonstrasi; Shalat |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 08 Jan 2014 04:55 |
Last Modified: | 08 Jan 2014 04:55 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1275 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year