Penanaman karakter nasionalis religius melalui kultur Aswaja di MI Al-hikmah Polaman Mijen

Nuqo, Muhammad Zainun (2020) Penanaman karakter nasionalis religius melalui kultur Aswaja di MI Al-hikmah Polaman Mijen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503096056_M. Zainun Nuqo]
Preview
Text (Skripsi_1503096056_M. Zainun Nuqo)
Skripsi_1503096056_M. Zainun Nuqo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa pengertian karakter nasionalis religius dan bagaimana penanaman karakter nasionalis religius melalui kultur Aswaja di MI Al-Hikmah Polaman Mijen Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan (field research), yaitu penelitian yang menggunakan latar belakang alamiah, dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan melibatkan berbagai metode yang ada. Peneliti terjun secara langsung ke lapangan untuk memperoleh data yang akurat tentang penanaman karakter nasionalis religius melalui kultur Aswaja. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil pengumpulan datanya dianalisis dengan teknik analisis deskripsi.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis, maka dapat disimpulkan bahwa penanaman karakter nasionalis religius melalui kultur Aswaja dengan menanamkan karakter melalui pemahaman (ilmu), pembiasaan, dan keteladanan. Melalui kultur Aswaja bisa diterapkan dengan melanggengkan kebiasaan-kebiasaan yang sering amalkan oleh masyarakat nahdliyin dengan mengamalkan nilai-nilai Aswaja. Sehingga peserta didik dapat memahami, mengamalkan karakter nasionalis religius untuk menjadikan generasi penerus bangsa yang cinta akan tanah airnya, mempunyai akhlak yang baik, bermoral, beretika sesuai dengan dasar negara Indonesia dan pedoman agamanya yaitu agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Karakter Nasional Religius; Pendidika Karakter; Aswaja; Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 22 May 2021 07:35
Last Modified: 22 May 2021 07:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12777

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics