Tinjauan hukum Islam terhadap tradisi pemberian uang adat dalam khitbah di Desa Paninggahan Kecamatan Junjung Sirih Kabupaten Solok Sumatera Barat

Monita, Marta Nur (2020) Tinjauan hukum Islam terhadap tradisi pemberian uang adat dalam khitbah di Desa Paninggahan Kecamatan Junjung Sirih Kabupaten Solok Sumatera Barat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602016015_MARTA NUR MONITA]
Preview
Text (SKRIPSI_1602016015_MARTA NUR MONITA)
SKRIPSI_1602016015_MARTA NUR MONITA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang masalah pada skripsi ini yakni mengenai tradisi pemberian Uang Adat di Nagari Paninggahan Kec. Junjung sirih Kab. Solok Sumatera Barat dan mengenai pandangan hukum Islam terhadap tradisi pemberian Uang Adat dalam prosesi Khitbah di Nagari Paninggahan Kec. Junjung sirih Kab. Solok Sumatera Barat.
Tujuan dari skripsi ini yakniuntuk mengetahui bahwa adanya tradisi Uang Adat yang sampai sekarang masih kental dengan adatnya, mampu mengetahui bagaimana tradisi Uang Adat ini diterapkan di daerah Paninggahan Kec. Junjung sirih Kab. Solok Sumatera Barat dan mampu mengetahui pandangan hukum Islam mengenai Uang Adat tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Kriteria sumber data yang didapatkan berupa data primer dan sekunder, hal tersebut untuk menjawab dari permasalahan penelitian tentang tradisi Uang Adat dan tinjauan Hukum Islam. Serta dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara melalui media sosial dengan beberapa tokoh masyarakat yang ada di Nagari Paningahan dengan proses pengolahan data yakni proses editing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perubahan nama dari Uang Japuik menjadi Uang Adat, dan masyarakat Paninggahan masih menerapkan tradisi Uang Adat dalam pelaksanaan Khitbah di daerahnya. Dalam rangkaian pra perkawinan mereka tetap menjalankan rangkaian acara demi acara sesuai dengan tradisi yang ada di daerah Paninggahan melalui dari pihak perempuan yang mendatangi pihak laki-laki dilanjut dengan pemberian uang adat yang juga diberi dari pihak perempuan. Disamping itu tradisi Uang Adat juga memiliki keserasian antara tradisi di paninggahan dengan Hukum Islam . Dalam tinjauan Hukum Islam diatur mengenai adat yang diterapkan dalam masyarakat, dan Uang Adat ini dikategorikan dalam ‘Urf shahih yakni adat yang dilakukan secara terus menerus namun tidak bertentangan dengan Syara’. Sejarah dari khitbah di desa Paninggahan juga diambil berdasarkan kisah Nabi Muhammad SAW, yang di pinang oleh Siti Khadijah, Selain itu di dalam Hukum Islam juga mengkategorikan Uang Adat dengan sebuah hadiah sebagai ungkapan untuk memuliakan seseorang. Hasil penelitian berupa adanya perubahan dalam nominal dari yang dulu Uang Japuik dan menjadi Uang adat, sehingga nominal tersebut berubah yang dulunya menentukan berdasarkan Status laki-laki sekarang berubah menjadi 2 Emas, untuk merubah pola pemikiran masyarakat dengan yang dulunya berfikir buruk mengenai istilah yang sudah kental di telinga masyarakat yakni membeli laki-laki, mampu merubah pola pikirnya setelah tau bagaimana sejarah dari adanya pembelian laki laki.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Uang adat; Khitbah; Hukum Islam; Tradisi; Sumatera Barat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
300 Social sciences > 390 Customs, etiquette, folklore > 392 Customs of life cycle and domestic life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 22 May 2021 07:38
Last Modified: 22 May 2021 07:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12780

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics