Pengaruh penerapan metode dramatic learning terhadap pemahaman materi materi jenis-jenis pekerjaan mata pelajaran IPS kelas IV MI NU 43 Wonorejo Kaliwungu tahun ajaran 2019/2020

Asyari, Rifki Hasyim (2020) Pengaruh penerapan metode dramatic learning terhadap pemahaman materi materi jenis-jenis pekerjaan mata pelajaran IPS kelas IV MI NU 43 Wonorejo Kaliwungu tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503096062_Rifki Hasyim Asyari]
Preview
Text (Skripsi_1503096062_Rifki Hasyim Asyari)
Skripsi_1503096062_Rifki Hasyim Asyari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan metode dramatic learning terhadap pemahaman materi jenis-jenis pekerjaan mata pealajaran IPS kelas IV MI NU 43 Wonorejo Kaliwungu Tahun Ajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif lapangan. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian Pre Experimental Design dengan menggunakan rancangan desain One Group Pretest-
Postest Design. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan dengan analisis statistik uji t. Berdasarkan hasil tes yang telah dilakukan nilai rata-rata nilai awal pretest adalah 61,83 dengan nilai tertinggi 75 dan terendah 45, sementara rata-rata nilai akhir (posttest) adalah 72,33 dengan nilai tertinggi 90 dan terendah 50. Dari analisis data akhir diperoleh t_hitung = 7.584 dan t_tabel = 1,699 dengan taraf signifikan 5%. karena t_hitung > t_tabel hipotesis yang diajukan diterima. Artinya adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest, jadi metode pembelajaran dramatic learning berpengaruh terhadap pemahaman materi jenis-jenis pekerjaan mata pelajaran IPS kelas IV MI NU 43 Wonorejo Kaliwungu tahun ajaran 2018/2019 dalam pembelajaran jenis-jenis pekerjaan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Dramatic learning; Ilmu Pengetahuan Sosial; Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 22 May 2021 07:44
Last Modified: 22 May 2021 07:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12789

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics