Strategi pengembangan program dakwah: studi pada bidang dakwah yayasan badan wakaf Sultan Agung semarang
Utami, Reksa Nita (2020) Strategi pengembangan program dakwah: studi pada bidang dakwah yayasan badan wakaf Sultan Agung semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1601036008_Reksa Nita Utami_Fullsskripsi - Reksa Nita.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
Abstract
)”. Penelitian ini memfokuskan pada dua rumusan masalah, yaitu bagaimana strategi pengembangan program dakwah Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung Semarang?, dan Apa saja program dakwah pada Bidang Dakwah Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung Semarang?. Untuk menjawab tersebut penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Informan yang digunakan dalam penelitian ini sekretaris YBWSA, ketua bidang dakwah, dan staf dakwah. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis kualitatif grounded theory menurut Jhon W. Cresweel dengan beberapa tahapan, yaitu Deskripsi secara detail,coding,kategorisasi, dan analisis atau penafsiran. Dalam penelitian ini, penulis berusaha untuk mengetahui strategi pengembangan program dakwah pada bidang dakwah YBWSA. Peneliti menggunakan beberapa teori yang berkaitan dengan permasalahan tersebut, yaitu teori program kerja oleh Ruky, dan teori manajemen strategis oleh Yusanto dan Widjajakusuma serta Strategi pengembanagn menurut Arifin Effendi. Hasil temuan dari penelitian ini adalah YBWSA melakukan pengembangan program dakwah melalui empat tahapan langkah strategis. Yaitu tahap analisis lingkungan yaitu memaksimalkan kekuatan internal untuk mengatasi kelemahan internal, tahap perumusan strategi yaitu merujuk dan berfokus pada visi dan misi yang telah disepakati, tahap implementasi strategi yaitu segala aktivitas di terapkan di program yang telah dibuat, dan tahap evaluasi dan pengendalian strategi secara berkala setiap satu tahun sekali. Lalu dalam menyusun pengembangan program meliputi lima faktor diantaranya pengenalan khalayak yang mana pihak YBWSA menelusuri sasaran berdasar dengan registrasi keikutsertaan dalam program dakwah,penyusunan pesan dalam setiap program dakwah memiliki pesan tersendiri sesuai tema program dakwah , penentuan media dengan menggunakan social media yang marak masyarakat gunakan untuk mengakses informasi, penentuan metode dengan persuasive dan informatif dan penggolongan komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan internal sehingga komunikan dapat mengerti maksud YBWSA melaksanakan program dakwah tersebut. Adapun Program kerja yang di buat YBWSA terdapat kesesuaian pada Teori Arikunto, antara lain : Sholat Berjama’ah yang dilakukan oleh seluruh sekretariat YBWSA dalam keseharian pada hari kerja, Qoryah Thoyyibah program yang belangsung setahun sekali mengambil dari bagian pengaktualisasian dakwah sehingga bisa dirasakan rahmatan lil ‘alamin, Safari Dakwah kunjungan dakwah dari masjid dan instansi daerah lingkup salayiga-semarang-kudus sebagai tempat aspirasi dan wadah diskusi, Mobile Marbot kegiatan yang dilakukan setiap hai sabtu per minggu tiap bulannya untuk melaksanakan kegiatan bersih-bersih masjid juga donasi peralatan masjid secara sukarela, Santunan Anak Yatim merupakan program rutinan rasa kepedulian terhadap anak yatim yang akan diberikan uang sesuai dengan usia yang disandangnya, Sekolah Relawan relawan siap sedia tanggap wacana yang dilakukan setiap bulan sekali untuk mempersiapkan keungkinan terburuk yang akan terjadi, Sedekah Makanan Jumat gerakan memberikan ribuan makanan kotak dan nasi bungkus kepada pejuang jalanan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dakwah; Manajemen Dakwah; Strategi Dakwah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history > 297.65 Organizations of Islam 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD) |
Depositing User: | Umar Falahul Alam |
Date Deposited: | 22 May 2021 06:54 |
Last Modified: | 22 May 2021 06:54 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12813 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year