Efektivitas metode pembelajaran survey, question, read, recite, review (SQ3R) terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs NU Ngluwar Magelang pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel tahun ajaran 2019/2020

Suryani, Ade Imas (2020) Efektivitas metode pembelajaran survey, question, read, recite, review (SQ3R) terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs NU Ngluwar Magelang pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_133511022_ADE IMAS SURYANI]
Preview
Text (SKRIPSI_133511022_ADE IMAS SURYANI)
SKRIPSI_133511022_ADE IMAS SURYANI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran di MTs NU Ngluwar Magelang tidak melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran dan berdampak pada keengganan siswa untuk berlatih mengerjakan soal terutama dalam bentuk soal cerita. Hal tersebut menyebabkan kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs NU Ngluwar Magelang masih rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran Survey, Question¸Read, Recite, Review (SQ3R) terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs NU Ngluwar Magelang pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Tahun Ajaran 2019/2020.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian ini adalah desain true eksperimen design dengan rancang pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terbagi dalam empat kelas. Setelah dilakukan uji normalitas, homogenitas dan uji kesamaan rata-rata, selanjutnya dipilih sampel dengan teknik cluster sampling. Kemudian terpilih kelas A sebagai kelas kontrol dan kelas C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data digunakan adalah tes.
Berdasarkan analisis tahap akhir, diperoleh hasil bahwa (1) rata-rata kemampuan literasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan metode SQ3R lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional. Hal ini berdasarkan uji t, diperoleh t=2,483>t_((1-α))=1,672, serta (2) peningkatan hasil dari pretest ke postest kemampuan literasi matematis siswa dengan metode SQ3R lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional. Hal ini berdasarkan uji N-Gain, diperoleh 〖N-Gain〗_eksperimen=0,467>〖N-Gain〗_kontrol=0,199. Berdasarkan dua kriteria tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran SQ3R efektif terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs NU Ngluwar Magelang pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel tahun ajaran 2019/2020.
Kegiatan pembelajaran di MTs NU Ngluwar Magelang tidak melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran dan berdampak pada keengganan siswa untuk berlatih mengerjakan soal terutama dalam bentuk soal cerita. Hal tersebut menyebabkan kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs NU Ngluwar Magelang masih rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran Survey, Question¸Read, Recite, Review (SQ3R) terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs NU Ngluwar Magelang pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Tahun Ajaran 2019/2020.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian ini adalah desain true eksperimen design dengan rancang pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terbagi dalam empat kelas. Setelah dilakukan uji normalitas, homogenitas dan uji kesamaan rata-rata, selanjutnya dipilih sampel dengan teknik cluster sampling. Kemudian terpilih kelas A sebagai kelas kontrol dan kelas C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data digunakan adalah tes.
Berdasarkan analisis tahap akhir, diperoleh hasil bahwa (1) rata-rata kemampuan literasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan metode SQ3R lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional. Hal ini berdasarkan uji t, diperoleh t=2,483>t_((1-α))=1,672, serta (2) peningkatan hasil dari pretest ke postest kemampuan literasi matematis siswa dengan metode SQ3R lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional. Hal ini berdasarkan uji N-Gain, diperoleh 〖N-Gain〗_eksperimen=0,467>〖N-Gain〗_kontrol=0,199. Berdasarkan dua kriteria tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran SQ3R efektif terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs NU Ngluwar Magelang pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Survey Question Read Recite Review (SQ3R); Literasi matematis; Persamaan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 27 May 2021 08:36
Last Modified: 27 May 2021 08:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12817

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics