Strategi pemasaran paket perjalanan haji dan umrah Pada PT. Madinah Iman Wisata Kabupaten Grobogan

Cahyaningrum, Fitria (2020) Strategi pemasaran paket perjalanan haji dan umrah Pada PT. Madinah Iman Wisata Kabupaten Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036015_Fitria Cahyaningrum]
Preview
Text (SKRIPSI_1601036015_Fitria Cahyaningrum)
1601036015_FITRIA CAHYANINGRUM_FULL SKRIPSI - fitria cahyani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berangkat dari antusias masyarakat yang tinggi untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah dari tahun ketahun menjadikan semakin meningkat, menarik minat PT. Madinah Iman Wisata untuk menjadi biro perjalanan penyelenggaraan haji dan umrah dengan keunggulan biro ini yaitu berani berinvestasi untuk belanja tiket, memesan hotel dan sarana prasarana sehingga calon jamaah tidak perlu khawatir akan batal berangkat karena masalah teknis. Program atau paket perjalanan haji dan umrah yang ditawarkan sudah lengkap jadi jamaah tidak perlu bingung dalam memilih paket perjalanan apalagi dengan setiap tahunya diadakan milad madinah iman wisata yang menjadi daya tarik tersendiri di biro ini. Lokasi kantor yang strategis menjadikan peluang bagi jamaah atau konsumen untuk bergabung menggunakan biro ini. Peneliti tertarik untuk meneliti strategi pemasaranpaket perjalanan pada PT. Madinah Iman Wisata dengan studi analisis apa saja program atau paket perjalanan pada PT. Madinah Iman Wisata Kabupaten Grobogan tersebut, bagaimana strategi pemasaran paket perjalanan haji dan umrah pada PT. Madinah Iman Wisata dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pemasaran haji dan umrah pada PT. Madinah Iman Wisata Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian teknis analisis deskriptif, berawal dari sebuah teori yang mencoba menerapkan secara realita ditempat penelitian. Peneliti menggunakan teori untuk melihat realita tentang strategi pemasaran paket perjalanan yang ada pada PT. Madinah Iman Wisata Kabupaten Grobogan. Menggunakan metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Dalam metode triangulasi untuk menganalisis data, mengkrosscek apakah benar setrategi yang diterapkan benar adanya. Hasil dari penelitian perkembangan PT. Madinah Iman Wisata Kabupaten Grobogan tidak terlepas dari program atau paket perjalanan haji dan umrah pada PT. Madinah Iman Wisata menyediakan tiga paket umrah meliputi paket promo, reguler dan VIP. Untuk produk atau paket perjalanannya meliputi: paket haji khusus, paket umrah mahabbah (umrah reguler), paket umrah keluarga, paket umrag group, paket umrah ramadhan dan paket umrah plus.Strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah jamaah yang di terapkan pada PT. Madinah Iman Wisata Kabupaten Grobogan yaitu dengan cara menerapkan konsep strategi pemasaraan yang terdiri dari strategi produk, strategi harga, strategi penyaluran (distribusi) dan straategi promosi. Madinah Iman Wisata juga menerapkan strategi bersaing dalam menumbuhkan keunggulan bersaing. Adapun faktor pendukung biro ini yaitu tempatnya yang strategis memudahkan jamaah untuk mengakses lokasi tersebut akan tetapi untuk produk yang ditawarkan sama dengan biro umrah lain yang masih menjadi kendala dalam memasarkan produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Haji; Umroh; Agen perjalanan; Wisata Religi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places (Masjid). Pilgrims (Haji, Umrah)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 22 May 2021 07:34
Last Modified: 22 May 2021 07:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12832

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics