Pesan dakwah tentang akhlaq dalam komik Si Juki "Ngampus Buka-Bukaan Aib Mahasiswa" karya Faza Meonk

Nurdini, Sella Fitri (2020) Pesan dakwah tentang akhlaq dalam komik Si Juki "Ngampus Buka-Bukaan Aib Mahasiswa" karya Faza Meonk. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_131211118_SELLA_FITRI_NURDINI]
Preview
Text (SKRIPSI_131211118_SELLA_FITRI_NURDINI)
SKRIPSI_131211118_SELLA_FITRI_NURDINI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Islam mengajarkan banyak sekali ajaran, salah satunya adalah akhlak yang menempati kedudukan istimewa dan sangat penting. Oleh karenanya menjadi sangat penting dalam berdawah agar menyampaikan pesan dakwah tentang akhlak dengan lebihninovatif. Salah satunya yakni dengan menggunakan komik sebagai media penyampaian pesan dakwah tentang akhlak, seperti yang dilakukan oleh Faza Meonk melalui komik berjudul “Ngampus Buka-bukaan Aib Mahasiswa”.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik analisis data content analysis, yakni sebuah teknik penelitian untuk memaparkan isi yang dinyatakan (manifest) secara objektif, sistematis, dengan mempertalikan pada makna konstektual. Isi yang manifes sebagai objek kajian dalam analisis isi, sementara isi bersifat implicit hanya dapat dianalisis jika ditetapkan lebih dahulu melalui unit yang bersifat konstektusal atas objek kajian menangkap pean yang bersifat tersirat.
Adapun rumusan masalah yang peneliti angkat adalah Bagaimana pesan dakwah tentang akhlaq yang terdapat dalam komik si juki “ngampus buka-bukaan aib mahasiswa” karya Faza Meonk
Sedangkan hasil dari penelitian ini adalah terdapat enam judul yang memiliki pesan akhlak menurut prespektif peneliti. Prespektif ini didasarkan pada kriteria pembagian akhlak, yakni akhlak mahmudah (baik) dan akhlak madzmumah (buruk). Adapun kedua pembagian itu diaplikasikan dalam analisa isi pesan sebagai berikut: Pertama, Akhlak Mahmudah (baik), bab yang memiliki kriteria masuk dalam akhlak mahmudah diantaranya: a)Senyum – dalam bab berjudul “Ospeknya si Boy”; b)Birrul Walidain - dalam bab berjudul “Dipaksa Orangtua”; c)Syukur – dalam bab “Bersyukur”. Kedua,Akhlak madzmumah (buruk), bab yang memiliki kriteria dalam akhlak madzmumah, diantaranya: a)Berbohong – dalam bab berjudul “Komputer Baru dan Kos”; b)Putus Asa – dalam bab berjudul “Matematika Tetap Ada”; c)Bakhil – dalam bab berjudul “Dosen Sadis”.

Kata Kunci: Pesan Dakwah, Komik, Akhlak

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Komik; Akhlak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 31 Jul 2024 05:34
Last Modified: 31 Jul 2024 05:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12835

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics