Manajemen hubungan masyarakat dalam meningkatkan partisipasi asyarakat (studi kasus di MA Darul Ma'arif Pringapus)

Salamah, Irrodhatus (2020) Manajemen hubungan masyarakat dalam meningkatkan partisipasi asyarakat (studi kasus di MA Darul Ma'arif Pringapus). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_133311035_Irrodhatus salamah_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_133311035_Irrodhatus salamah_lengkap)
133311035_Irrodhatus Salamah_Full Skripsi-dikonversi - irrodhatus salamah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Manajemen humas dalam meningkatkan partisipasi masyarakat merupakan salah satu cara meyakinkan dalam menjalinkan hubungan erat dengan masyarakat. Adapun manajemen sendiri mempunyai fungsi tertentu yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Maka dalam skripsi ini penulis mencoba menganalisis tentang: Bagaimana, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi manajemen hubungan masyarakat dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di MA DARUL MA’ARIF Pringapus.
Hasil penelitian ini mewujudkan bahwa perencanaan pelaksanaan dan evaluasi manajemen hubungan masyarakat dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di MA DARUL MA’ARIF Pringapus sebagai berikut perencanaan manajemen humas dalam meningkatkan partisipasi masyarakat yang dilakukan MA Ma’arif berdasarkan rapat kerja awal tahun pelajaran. Rapat kerja tersebut diikuti oleh para guru dan kepala Madrasah. Dalam merencanakan sebuah program humas MA Darul Ma’arif mengadakan analisis kebutuhan dan keinginan masyarakat baik internal maupun eksternal melalui beberapa program kegiatan. Adapun pelaksanaan humas dalam meningkatkan partisipasi masyarakat diwujudkan melalui beberapa kegiatan. Adapun evaluasi humas yang dilakukan MA Darul Ma’arif untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. Dengan melakukan pemantauan dan evaluasi pemantauan dan evaluasi dilaksanakan dua pihak yaitu pemantauan kepala Madrasah dan bidang humas.
Hasil penelitian ini memberikan saran bahwa partisipasi masyarakat sudah menerapkan manajemen humas dan layak untuk dijadikan cara untuk mendonrak kualitas pendidikan dan dapat mempermudah lembaga pendidikan untuk melakukan koordinasi, perencanaan, negosiasi serta membangun hubungan baik antara lembaga pendidikan dengan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Partisipasi masyarakat; MA Darul Ma'arif Pringapus
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 29 May 2021 02:24
Last Modified: 05 Jun 2021 03:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12857

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics