Manajemen keuangan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara

Khumaidah, Anis (2020) Manajemen keuangan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islan Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1503036007_Anis Khumaidah_Skripsi]
Preview
Text (1503036007_Anis Khumaidah_Skripsi)
1503036007_Anis Khumaidah_Full Skripsi - Yusuf aym.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manajemen keuangan pendidikan menjadi salah satu hal vital dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana perencanaan keuangan pendidikan, 2) bagaimana pelaksanaan keuangan pendidikan, 3) bagaimana evaluasi keuangan pendidikan MI Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Sedangkan dalam proses analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) perencanaan keuangan pendidikan di MI Darul Hikmah dimulai dari penyusunan anggaran, yaitu identifikasi dan analisis kebutuhan oleh stakeholder. Identifikasi sumber, yaitu dari BOS dan SPP kelas Tahfizh. Lalu, dikembangkan dan diajukan kepada pihak madrasah dan yayasan untuk disahkan, 2) pelaksanaan keuangan pendidikan di MI Darul Hikmah berupa penerimaan, yaitu setiap dana yang diterima, dicatat lalu direkap oleh bendahara, dan sesuai dengan prosedur penerimaan dan pembukuan. Pengeluaran, dicatat dalam buku catatan pengeluaran menurut jenis pengeluaran, dan alokasi pengeluaran untuk biaya rutin maupun non rutin madrasah, 3) evaluasi keuangan pendidikan di MI Darul Hikmah dilakukan oleh pihak internal (kepala madrasah, yayasan Darul Hikmah) dan eksternal (Kemenag Kabupaten Jepara) dengan mengawasi dan melihat bukti laporan rincian pendapatan dan pengeluaran, dilaksanakan satu bulan sekali (laporan bulanan), satu tahun sekali (laporan pertanggungjawaban tahunan) dan satu semester sekali (laporan pertanggungjawaban dana BOS).
Saran daripada penelitian yang telah dilakukan adalah 1) dalam perencanaan keuangan sebaiknya melibatkan peran aktif orangtua dan masyarakat sebagai salah satu stakeholder dalam menentukan kebijakan untuk pembiayaan madrasah, 2) pelaksanaan keuangan terkait dengan sumber pendapatan keuangan madrasah bisa lebih variatif dari berbagai sumber. Madrasah dapat memaksimalkan sumber dana lain, bisa dengan membentuk wirausaha madrasah, bazar, sumbangan dari orang tua siswa yaang tidak terikat dan jenis lainnya, 3) evaluasi sudah sesuai antara pemberi dana dan pertanggungjawabannya, hanya saja lebih ditingkatkan kembali dan pihak evaluator selalu memberikan saran ketika pengawasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen keuangan pendidikan; Biaya pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 29 May 2021 02:47
Last Modified: 29 May 2021 04:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12863

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics