Klasifikasi pencitraan ultrasonografi (usg) pada nodul payudara berbasis ciri bentuk menggunakan Scilab di RSUD Tugurejo Semarang

Putri, Lianita Anggraini (2020) Klasifikasi pencitraan ultrasonografi (usg) pada nodul payudara berbasis ciri bentuk menggunakan Scilab di RSUD Tugurejo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM_1508026016_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_1508026016_Skripsi_Lengkap)
1508026016_LIANITA ANGGRAINI PUTRI_FULL SKRIPSI - lianita angg.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Modalitas pencitraan dalam deteksi keganasan kanker payudara salah satunya adalah menggunakan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Identifikasi bentuk nodul (oval, bulat, atau ireguler) merupakan tahap dalam penilaian keganasan kanker payudara yang dapat dilihat dari citra nodul hasil USG.
Sistem Computer Aided Diagnosis (CAD) merupakan proses pengolahan citra yang bekerja dengan menggunakan algoritma-algoritma pengolahan citra dan pengenalan pola seperti peningkatan kualitas citra dan penampisan, segmentasi, penggalian ciri, teknik klasifikasi dan klustering yang menyedikaa informasi objektif terkait interpretasi pembacaan citra USG dan dapat digunakan sebagai salah satu sistem pendukung pertimbangan bagi dokter radiologi. Pada penelitian ini menggunakan teknik penampisan adaptive median, teknik penggalian ciri momen invariant, momen zernike, parameter kebulatan dan kerampingan, teknik klasifikasi dengan model Multi Layer Perceptron (MLP) pada 25 citra yang didapat dari RSUD Tugurejo Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang telah dilakukan mendapatkan nilai akurasi 80%, sensitivitas 88,88%, spesifisitas 75% dan ketelitian 88,88%. Hal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi sebagai second opinion dokter radiologi dalam memberikan diagnosis kepada pasien.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: USG; nodul payudara; momen zernike; momen invariant; kebulatan; kerampingan
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 005 Computer programming, programs, data
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 611 Human anatomy, cytology, histology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 45201 - Fisika
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 29 May 2021 04:38
Last Modified: 29 May 2021 04:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12869

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics