Pengaruh pendidikan Islam dalam keluarga terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak di MI Sarirejo Kecamatan Kaliwungu Kendal
Komariyah, Komariyah (2012) Pengaruh pendidikan Islam dalam keluarga terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak di MI Sarirejo Kecamatan Kaliwungu Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.
093911319_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (328kB) | Preview
093911319_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (45kB) | Preview
093911319_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (233kB) | Preview
093911319_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (41kB) | Preview
093911319_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (83kB) | Preview
093911319_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (12kB) | Preview
093911319_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (12kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain; (1) Bagaimana bentuk pendidikan Islam dalam keluarga siswa kelas V MI Sarirejo Kaliwungu Kabupaten Kendal?, (2) Sejauhmana prestasi belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas V MI Sarirejo Kaliwungu Kabupaten Kendal?, (3) Adakah pengaruh antara pendidikan Islam dalam keluarga siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas V MI Sarirejo Kaliwungu Kabupaten Kendal? Sedangkan penelitian ini bertujuan; (1) Untuk mengetahui bentuk pendidikan Islam dalam keluarga siswa kelas V MI Sarirejo Kaliwungu Kabupaten Kendal; (2) Untuk mengetahui prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas V MI Sarirejo Kaliwungu Kabupaten Kendal; (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara pendidikan Islam dalam keluarga dengan prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas V MI Sarirejo Kaliwungu Kabupaten Kendal.
Metode yang digunakan antara lain; angket/kuesioner, tes tertulis, dan dokumenasi. Sampel penelitian sebanyak 26 anak. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus statistik korelasi product moment dengan langkah; pertama, analisis pendahuluan, yaitu untuk mentabulasikan data yang diperoleh dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi dan memaparkan penilaian tentang pendidikan Islam dalam keluarga yang diambil dari angket/kuesioner yang telah diberi skore. Sedangkan data prestasi belajar Aqidah Akhlak diperoleh dengan teknik test tertulis. Kedua, analisis uji hipotesis, yaitu menguji hipotesis lebih lanjut melalui distribusi data dari analisis pendahuluan yang kemudian distribusi data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis statistik regresi. Ketiga, analisis lanjut, yaitu analisis pengolahan lebh lanjut dari hasil analisis uji hipotesis.
Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang positif antara latar belakang pendidikan agama orang tua dengan motivasi belajar PAI, ditunjukkan dengan t-test (0,570) taraf signifikansi 5% (0,388) dan taraf 1% (0,496). Dengan demikian ro ≥ rt yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara latar belakang pendidikan agama orang tua terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak, sehingga hipotesa yang penulis ajukan berbunyi: “Ada pengaruh yang positif pendidikan Islam dalam keluarga terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa kelas V di MI Sarirejo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal” diterima.
Dari hasil temuan tersebut maka yang dapat penulis sarankan bagi siswa, bahwa prestasi belajar Aqidah Akhlak adalah bukti ketercapaian dan kemampuan siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar. Oleh karena prestasi ditentukan sejauhmana minat, bakat, dan kesungguhan dalam mengikuti pelajaran. Bagi guru, prestasi belajar Aqidah Akhlak yang baik belum tentu menjamin bahwa Aqidah Akhlak siswa ikut baik, namun yang lebih penting adalah bagaimana siswa mampu menerapkan pengetahuannya ke dalam kehidupan sehari-hari mereka. Bagi orang tua, merupakan pendidik utama dan pertama bagi anak, maka keduanya sama-sama memiliki tanggung jawab mendidik sesuai dengan ajaran Islam agar putra-putrinya memiliki Aqidah yang benar dan lurus.
Dari hasil penelitian penulis sarankan kepada siswa, untuk meraih prestasi belajar ditentukan oleh minat, bakat, dan kesungguhan dalam mengikuti pelajaran, sehingga ketiga hal itu harus dimiliki oleh siswa. Kepada guru, memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada anak haruslah seimbang, sehingga diharapkan anak akan mampu menerapakan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Bagi orang tua, akidah akhlak harus biasakan di rumah, anak yang masih lemah berpikir perlu mendapat perhatian. Utamanya adalah akidah sangat penting karena sebagai landasan utama dalam ajaran agama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam; Keluarga; Aqidah Akhlak; Prestasi belajar |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 08 Jan 2014 05:47 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 03:48 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1287 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year