Teknik dakwah ustadz Adi Hidayat dalam program kajian musawarah di channel Youtube

Laila, Afrida Nur (2020) Teknik dakwah ustadz Adi Hidayat dalam program kajian musawarah di channel Youtube. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501026021_ AFRIDA_NUR_LAILA]
Preview
Text (SKRIPSI_1501026021_ AFRIDA_NUR_LAILA)
SKRIPSI_1501026021_ AFRIDA_NUR_LAILA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Melihat perkembangan dakwah yang semakin maju, dakwah tidak hanya dilakukan melalui buku-buku, masjid, musholla, atau lembaga keagamaan lain. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk berdakwah ialah berdakwah melalui media sosial, salah satunya yaitu youtube. Peluang baik bagi para pelaku dakwah (da’i) ketika dapat memanfaatkan youtube dengan mengupload konten-konten keislaman. Salah satu dakwah yang di upload di youtube yaitu terdapat pada program Kajian Musawarah, diantara pengisi materi dalam program tersebut adalah Ustadz Adi Hidayat. Ustadz Adi Hidayat dalam menyampaikan dakwahnya memiliki keunikan tersendiri sehingga terlihat tidak biasa, meskipun tema yang diangkat telah banyak digunakan oleh pendakwah lain. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penelitian ini berjudul ”Teknik Dakwah Ustadz Adi Hidayat Dalam Program Kajian Musawarah di Channel Youtube”.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik dakwah yang digunakan Ustadz Adi Hidayat dalam menyampaikan dakwahnya melalui program Kajian Musawarah di Channel Youtube. Metodologi penelitian dalam skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data dokumentasi berupa tayangan video program “Kajian Musawarah” dari channel youtube. Sedangkan model interaktif Miles dan Huberman adalah teknik analisis yang digunakan peneliti. Program ”Kajian Musawarah” merupakan channel youtube yang bergabung pada tanggal 19 April 2018, sampai pada tanggal 10 Desember 2019 memiliki 175 ribu subscriber dan melakukan 6.302.834 penayangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik penyampaian dakwah yang digunakan oleh Ustadz Adi Hidayat antara lain : 1. Teknik pembukaan dakwah yang meliputi langsung menyebutkan topik ceramah, melukiskan latar belakang masalah, menghubungkan peristiwa yang sedang hangat, menyatakan kutipan dari Al-qur’an dan hadits, serta memberikan humor. 2. Teknik penyampaian dakwah yang meliputi tiga prinsip yaitu : kontak mata, olah vokal dan olah visual. 3. Teknik penutupan dakwah yang meliputi menganjurkan untuk bertindak, dan mengajak berdo’a. Dimana Ustadz Adi Hidayat dalam menyampaikan ceramahnya beliau duduk di depan di kursi yang telah disediakan dan menghadap ke audiens, selain itu teknik yang khas yang digunakan oleh Ustadz Adi Hidayat adalah beliau menyampaikan ceramah dengan cara menulis hal-hal yang penting, menulis nomor hadits dan ayat Al-qur’an, dan menulis penggalan ayat Al-qur’an di papan tulis layaknya seorang guru yang sedang mengajar siswanya, beliau berdiri di depan sambil menjelaskan materi dan menulis hal-hal yang pennting di papan tulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode dakwah; Youtube; Media dakwah; Adi Hidayat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 29 May 2021 05:26
Last Modified: 03 Jul 2021 04:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12881

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics