Sintesis dan karakterisasi fly ash teraktivasi koh sebagai material adsorben limbah ion kadmium (cd2+)

Ismah, Novi Zulfa (2020) Sintesis dan karakterisasi fly ash teraktivasi koh sebagai material adsorben limbah ion kadmium (cd2+). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1508036007_Novi Zulfa Ismah_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (1508036007_Novi Zulfa Ismah_Skripsi_Lengkap)
1508036007_Novi Zulfa Ismah_FULL SKRIPSI-converted - Novi Zulfa R.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan abu layang (fly ash) batubara sebagai material adsorben limbah logam ion Cd2+ telah dilakukan. Adsorben berbahan dasar abu layang teraktivasi divariasi dari konsentrasi 1M hingga 5M. Proses adsorpsi dilakukan dalam berbagai variasi kondisi yaitu pH, konsentrasi larutan kadmium dan waktu kontak. Berdasarkan kemampuan adsorpsi menunjukkan adsorben teraktivasi KOH 1M lebih efektif dalam menyerap ion logam Cd2+ dibandingkan dengan adsorben teraktivasi KOH yang lain. Hal tersebut ditunjukkan berdasarkan nilai kapasitas adsorpsi yaitu sebesar 3,9966 mg/g. Hasil analisis SEM menunjukkan sebelum dan sesudah teraktivasi diperoleh bahwa struktur morfologi sebelum teraktivasi memiliki permukaan yang terlihat halus dan berbentuk bulatan sedangkan struktur morfologi abu layang setelah teraktivasi tampak lebih kasar dan pecah-pecah serta pori-pori yang terbentuk menjadi lebih lebar. Hasil spectra FTIR menunjukkan serapan pita –OH, Si-H, Al-O, Si-O, Si-O-Si. variasi kondisi pH dilakukan pada pH 3 hingga 8 dengan keadaan optimum diperoleh pada pH 5 dan konsentrasi optimum pada konsentrasi 100 ppm serta waktu kontak 120 menit. Data kinetika adsorpsi menunjukkan model pseudo second order lebih sesuai untuk menjelaskan proses adsorpsi ion logam Cd2+ sedangkan untuk data isotherm adsorpsi menunjukkan bahwa model isotherm yang sesuai pada penelitian ini adalah isotherm Langmuir dengan nilai koefisien regresi linier (R2) 0,986. Hal ini dapat disimpulkan bahwa abu layang teraktivasi KOH 1 M mampu meminimalisir ion logam Cd2+.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Abu Layang (Fly Ash); Adsorpsi; Ion logam Cd2+
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering and allied operations > 628 Sanitary and municipal engineering
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 47201 - Kimia
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 29 May 2021 06:40
Last Modified: 29 May 2021 06:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12892

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics