Pengembangan perangkat pembelajaran dengan instrumen self dan peer assessment berbasis diskusi online isu sosiosaintifik pada materi pencemaran lingkungan untuk melatih keterampilan argumentasi siswa kelas x SMA

Oktaviana, Eva Maya (2020) Pengembangan perangkat pembelajaran dengan instrumen self dan peer assessment berbasis diskusi online isu sosiosaintifik pada materi pencemaran lingkungan untuk melatih keterampilan argumentasi siswa kelas x SMA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1608086073_Eva Maya Oktaviana]
Preview
Text (Skripsi_1608086073_Eva Maya Oktaviana)
1608086073_Eva Maya Oktaviana_Lengkap Tugas Akhir - Eva Maya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan instrumen self dan peer assessment berbasis diskusi online isu sosiosaintifik serta mengetahui pengaruhnya terhadap keterampilan argumentasi siswa pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (1974). Tahapan disseminate yang merupakan tahapan penyebaran tidak dilakukan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah RPP, LKPD, instrumen evaluasi, instrumen self dan peer assessment. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik dari kelas X MIPA 4 SMA Negeri 5 Semarang tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling pada uji lapangan terbatas dengan 6 peserta didik dan teknik sampling jenuh dalam uji lapangan operasional dengan jumlah 35 peserta didik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah divalidasi oleh dosen ahli pendidikan, ahli materi, ahli media dan praktisi (guru) serta telah dilakukan revisi sehingga didapatkan hasil yang layak digunakan. Hasil analisis kelayakan dari ahli pendidikan diperoleh nilai yaitu RPP 80,4% (layak), LKPD 80% (layak), instrumen evaluasi 80% (layak), self assessment 80% (layak), dan peer assessment 80% (layak). Sedangkan dari ahli materi diperoleh nilai pada RPP 78% (layak) dan LKPD 78% (layak), dan penilaian dari ahli media diperoleh nilai LKPD 90% (sangat layak), instrumen self assessment 93,3% (sangat layak), dan instrumen peer assessment 90% (sangat layak), adapun penilaian dari 3 guru biologi diperoleh nilai RPP 83% (sangat layak), LKPD 80% (layak), instrumen evaluasi 84% (sangat layak), self assessment 80% (layak), dan peer assessment 80% (layak) dan tanggapan dari peserta didik diperoleh nilai yaitu LKPD 88% (sangat layak), instrumen self assessment 86% (sangat layak) dan instrumen peer assessment 88% (sangat layak). Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil penelitian selanjutnya pada uji lapangan operasional menggunakan pretest dan posttest dengan perhitungan t-test diperoleh thitung (14,419) > ttabel (2,032) yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil perhitungan yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dengan instrumen self dan peer assessment berbasis diskusi online isu sosiosaintifik berpengaruh terhadap keterampilan argumentasi peserta didik dengan skor gain sebesar 0,5555 pada materi pencemaran lingkungan dengan kategori peningkatan sedang

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran; Self dan Peer Assessment; Pembelajaran Isu Sosiosaintifik; Diskusi Online; Keterampilan Argumentasi; Pencemaran Lingkungan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 29 May 2021 06:47
Last Modified: 29 May 2021 06:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12895

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics