Strategi program dakwah “Kajian Sore” di Radio DAIS 107.9 FM Semarang

Prakoso, Dian (2020) Strategi program dakwah “Kajian Sore” di Radio DAIS 107.9 FM Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501026054_DIAN_PRAKOSO]
Preview
Text (SKRIPSI_1501026054_DIAN_PRAKOSO)
SKRIPSI_1501026054_DIAN_PRAKOSO.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program siaran dakwah di radio memiliki signifikansi yang besar dalam upaya menyampaikan nilai-nilai Islam yang sangat penting dalam membangun kepribadian seorang muslim sejati. Masyarakat saat ini membutuhkan siraman rohani di tengah kesibukan aktifitas bekerja sehari-hari. Radio Dais telah mendapatkan hasil dari masukan berbagai kalangan untuk membuat program dakwah yang tepat. Program siaran ini perlu diteliti dalam konteks strategi program dakwahnya agar bisa tepat sasaran dan benar secara materi, yakni sesuai dengan Alquran dan Hadits sebagai sumber utama, dengan menggunakan kitab kuning sebagai bahan untuk menyampaikan materi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi program yang
digunakan pada program dakwah “kajian sore” di radio Dais Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis data menurut Miles dan Huberman dengan 3 alur, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan penulis terhadap program kajian sore yang berada di radio Dais.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa program kajian sore menggunakan beberapa strategi dalam menyiarkan programnya, yaitu: Program acara kajian sore mengangkat format dialog interaktif dengan isi programnya mengenai ilmu-ilmu agama bersumber dari kitab kuning. Waktu siaran program acara kajian sore yang dipilih adalah mulai pukul 16.30-17.30 WIB disetiap harinya. Selain itu radio dais juga memilih dua orang penyiar untuk membawakan program acara kajian sore, radio dais juga memilih narasumber untuk mengisi program acara kajian sore dengan syarat bisa membaca kitab kuning. Program acara kajian sore saat ini diproduksi oleh radio dais sendiri secara live, sehingga radio dais tidak perlu ada pembelian program dari luar. Dalam proses eksekusi program kajian sore di radio dais sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya, yakni program acara kajian sore disiarkan pada pukul 16.30-17.30 WIB, kecuali kalau memang dari narasumber yang datangnya terlambat tentu saja waktu siaran akan mundur. Pengawasan program acara kajian sore dilakukan langsung oleh direktur operasional radio dais, hal yang biasa di awasi adalah isi dari program tersebut. Proses evaluasi tidak melibatkan pengurus MAJT, sebab direktur operasional sudah mampu mengkondisikan persoalan internal, kecuali jika ada permasalahan di luar kemampuan yang harus melibatkan pihak inti kepengurusan MAJT, baru menyelesaikan masalah dengan pengurus MAJT khususnya bidang ketakmiran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi program dakwah; Radio dan Program siaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 29 May 2021 07:12
Last Modified: 29 May 2021 07:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12907

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics