Manajemen keuangan sekolah dalam meningkatkan proses pembelajaran di MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang

Adib, husnul Manajemen keuangan sekolah dalam meningkatkan proses pembelajaran di MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1503036088_HUSNUL ADIB_Full Skripsi - husnul adib.pdf]
Preview
Text
1503036088_HUSNUL ADIB_Full Skripsi - husnul adib.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Manajemen keuangan madrasah yang baik dapat meningkatkan proses pembelajaran di MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang. Kurangnya ketersediaan dan penggunaan memanfaatkan media pembelajaran, guru kurang memanfaatkan teknologi dan informasi dalam menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien, sesuai dengan fakta yang ada maka peneliti melakukan penelitian berfokus pada: 1) perencanaan keuangan,2) Pelaksanaan Keuangan, 3) Evaluasi keuangan sekolah dalam meningkatkan proses pembelajaran di MI Miftahul Akhlaqiyah.
Penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, peneliti mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, dan bendahara madrasah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan keuangan sekolah dalam meningkatkan proses pembelajaran di madrasah MI Miftahul Akhlaqiyah direncanakan didalam RKAM sesuai standar proses pendidikan, sumber keuangan berasal dari BOS dan sumbangan komite sekolah. 2) Pelaksanaan keuangan sekolah dalam meningkatkan proses pembelajaran di MI Miftahul Akhlaqiyah sudah terealisasi dengan berpedoman pada RKAM yang sudah disusun sebelumnya, kegiatan pelatihan dan pengadaan media pembelajaran, penambahan lcd proyektor. 3) Evaluasi keuangan sekolah dalam meningkatkan proses pembelajaran di madrasah dilakukan oleh kepala madrasah dan komite madrasah melakukan kepengawasan kepada bendahara madrasah sebulan sekali hasil evaluasi tersebut akan digunakan sebagai dasar laporan pertanggungjawaban kepada pemerintah, yayasan, komite madrasah, dan guru.
Kesimpulan pengelolaan keuangan madrasah mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dilaksanakan secara efektif dan efisien untuk meningkatkan proses pembelajaran serta prestasi peserta didik meningkat baik akademik maupun non akademik di MI Miftahul Akhlaqiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen keuangan sekolah; Proses pembelajaran; MI Miftahul Akhlaqiyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 29 May 2021 07:01
Last Modified: 29 May 2021 07:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12915

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics