Efektivitas modul kimia berbasis kearifan lokal materi asam basa untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa

Febriani, Mervi (2020) Efektivitas modul kimia berbasis kearifan lokal materi asam basa untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1608076010_Mervi Febriani_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (1608076010_Mervi Febriani_Skripsi_Lengkap)
1608076010_MERVI FEBRIANI_FULL SKRIPSI - mervi febriani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas modul kimia berbasis kearifan lokal materi asam basa untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain eksperimen nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN 16 Semarang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 33 peserta didik kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan 36 peserta didik kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengambil sampel dilakukana dengan teknik cluster random sampling. Uji kesamaan dua rata-rata kemampuan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada taraf signifikansi (Sig.) 0,05 atau 5% didiapatkan nilai (sig) 0,00. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan modul kimia berbasis kearifan lokal materi asam basa efektif dalam meningkatkan motivasi belajar kelas ekperimen. Rata-rata motivasi siswa dengan modul kimia berbasis kearifan lokal = 77,7 lebih besar daripada kelas kontrol dengan menggunakan sumber belajar berupa LKS = 66,86. Rata-rata nilai N-Gain kelas ekperimen sebesar 0,498 dengan kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,295 dengan kategori rendah. Penggunaan modul kimia berbasis kearifan lokal materi asam basa juga efektif dalam meningkatkan hasil belajar (kognitif) peserta didik. Rata-rata hasil belajar (kognitif) peserta didik dengan sumber belajar modul kimia berbasis kearifan lokal = 71,5 lebih besar daripada rata-rata hasil belajar peserta didik dengan menggunakan sumber belajar LKS = 52,63. Rata-rata nilai N-Gain kelas ekperimen sebesar 0,58 dengan kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,296 dengan kategori rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran Kimia; Kearifan Lokal; Materi Asam Basa; Motivasi Belajar; Hasil Belajar
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 29 May 2021 07:40
Last Modified: 29 May 2021 07:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12919

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics