Efektivitas model pembelajaran simayang tipe ii berbasis multipel representasi terhadap penguasaan konsep dan attitudes toward chemistry pada materi larutan penyangga

Lestari, Dini (2020) Efektivitas model pembelajaran simayang tipe ii berbasis multipel representasi terhadap penguasaan konsep dan attitudes toward chemistry pada materi larutan penyangga. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1608076052_Dini Lestari_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (1608076052_Dini Lestari_Skripsi_Lengkap)
1608076052_Dini Lestari_Lengkap Tugas Akhir - Dini Lestari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Rendahnya penguasaan konsep pada materi larutan penyangga dapat disebabkan karena tidak terkoneksinya ketiga level representasi dalam kimia dan rendahnya attitudes toward chemistry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran SiMaYang Tipe II berbasis multipel representasi terhadap penguasaan konsep dan attitudes toward chemistry, serta respon peserta didik terhadap model pembelajaran SiMaYang Tipe II berbasis multipel representasi pada materi larutan penyangga. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan dua sampel yang berbeda, yaitu kelas XI MIPA 6 (kelas kontrol) dan kelas XI MIPA 7 (kelas eksperimen). Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t pada data penguasaan konsep, diperoleh bahwa thitung = 2,481 dan ttabel = 1,668, sehingga thitung > ttabel. Sedangkan hasil uji-t pada data attitudes toward chemistry menunjukkan bahwa thitung = 0,327 dan ttabel = 1,668, sehingga thitung ≤ ttabel. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SiMaYang Tipe II berbasis multipel representasi efektif terhadap penguasaan konsep dan tidak efektif terhadap attitudes toward chemistry pada materi larutan penyangga. Berdasarkan respon peserta

vi

didik terhadap model pembelajaran SiMaYang Tipe II
diperoleh persentase sebesar 64,11% dengan kategori “baik”.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: SiMaYang Tipe II; Multipel Representasi; Penguasaan Konsep; Attitudes toward Chemistry; Larutan Penyangga
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 29 May 2021 07:43
Last Modified: 29 May 2021 07:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12925

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics