Pengaruh kompensasi terhadap kinerja pegawai di Kantor Kementerian Agama Jepara

Izza, Nurul (2020) Pengaruh kompensasi terhadap kinerja pegawai di Kantor Kementerian Agama Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503036119_Nurul Izza_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1503036119_Nurul Izza_lengkap)
1503036119_Nurul Izza_Lengkap Tugas Akhir - Nurul Izza.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Peraturan Gaji yang menyatakan bahwa pegawai negeri sipil (PNS) mendapat kenaikan gaji sebesar 5%, sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan pegawai selama mengabdi kepada negara. Namun kejadian ini mengakibatkan kesenjangan sosial, dikarenakan penerimaan kompensasi yang tidak merata di Instansi. Kenaikan gaji tersebut menyebabkan sebagian pegawai menunda penerimaan kompensasi hingga tiga bulan ke depan, sebab anggaran sudah terserap di awal pembayaran. Padahal pegawai memiliki kebutuhan setiap bulannya untuk menunjang kesejahteraan hidupnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “adakah pengaruh kompensasi terhadap kinerja pegawai di kantor Kementerian Agama Jepara?”.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif/statistik. Populasi yang ada di Kementerian Agama Jepara sebanyak 54 pegawai, sehingga sampel yang diambil sebanyak populasi yaitu 54 pegawai. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket yang dianalisis menggunakan tehnik korelasi product moment dan analisis regresi linier sederhana, meliputi uji f (simultan) dan uji t (parsial).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel kompensasi terhadap variabel kinerja pegawai sebesar 52,2% sedangkan 47,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang bukan menjadi fokus pembahasan dalam penelitian ini.
Disarankan kepada pihak Instansi sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja pegawainya, diperlukan adanya evaluasi kerja, sekaligus membuat kebijakan dalam memperhatikan kompensasi pegawai agar motivasi kerja dan hasil kontribusi yang dikerahkan pegawai mampu memuaskan Instansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompensasi; Kinerja pegawai; Kemenag Jepara
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Personnel management (Manajemen personalia, SDM)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Jun 2021 08:00
Last Modified: 02 Jun 2021 08:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12938

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics