Rozy, M. Fachrur (2020) Pengelolaan ekstrakulikuler bahasa Attanwir Language Center (ALC) di Madrasah Aliyah Isamiyah (MAI) Attanwir Bojonegro. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1603036007_M FACHRUR ROZY_LENGKAP TUGAS AHKIR - Rozy Fachrur.pdf]
Preview
Text
1603036007_M FACHRUR ROZY_LENGKAP TUGAS AHKIR - Rozy Fachrur.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada kenyataan bahwa pentingnya bahasa Arab & Inggris bagi siswa guna meningkatkan skill dalam berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan ekstrakulikuler Atttanwir Language Center (ALC) yang meliputi:1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) evaluasi. Hal tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MAI Attanwir Bojonegoro. Sekolah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret implementasi pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler ALC dalam melatih dan memberikan pelajaran tambahan terkait bahasa Arab dan Inggris.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan terdiri dari pengurus, tutor, member, dan pembimbing. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: 1) Pengumpulan data, 2) Reduksi data, 3) Penyajian data, dan 4) Penarikan kesimpulan/verifikasi.Teknik yang digunakan untuk pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah Triangulasi Sumber.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: 1)Perencanaan pengelolaan dilakukan dengan hal mendasar dan sistematis. 2) Proses pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan dibagi kelas-kelas,

kemudian dilanjutkan dengan memberikan rangsangan materi kepada member sebelum pembelajaran dimulai. 3) Evaluasi secara umum dilakukan dengan dua jenis evaluasi yaitu evaluasi hasil belaja member dan evaluasi pengelolaan atau evaluasi kinerja pengurus yang dilakukan oleh pengurus ALC dan disesuaikan dengan program-program ALC.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan ekstrakulikuler Attanwir Language Center terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi yang disesuaikan dengan standar yang telah ditetapkan oleh ALC. Saran yang diberikan yaitu 1) Pelaksanaan pembelajaran hendaknya menjaga aspek kedisiplinan dengan memberikan hukuman yang mendidik dan menjaga suasana kelas. 2) Pembinaan tutor hendaknya menjaga koordinasi dalam melaksanakan regular meeting. 3) Evaluasi pembelajaran hendaknya ditambah dengan memberikan tes khusus kepada peserta yang tidak mengikuti beberapa pertemuan kursus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ekstrakulikule; Pengelolaan; Bahasa; ALC
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Jun 2021 02:48
Last Modified: 05 Jun 2021 03:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12939

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics