Pengelolaan perpustakaan sekolah di MTs Negeri 7 Kebumen

Afriatin, Rohmy (2020) Pengelolaan perpustakaan sekolah di MTs Negeri 7 Kebumen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1603036014_Rohmy Afriatin_skripsi lengkap]
Preview
Text (1603036014_Rohmy Afriatin_skripsi lengkap)
1603036014_Rohmy Afriatin_Full Skripsi - Rohmy Afriatin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang mendiskripsikan pengelolaan perpustakaan sekolah di MTs Negeri 7 Kebumen yang meliputi aspek; (1) perencanaan yang ada di perpustakaan, (2) pengorganisasian yang ada di perpustakaan, (3) pelaksanaan/penyelenggaraan di perpustakaan, (4) evaluasi yang ada di perpustakaan, dan (5) kendala apa saja yang ada di perpustakaan.
Jenis penelitian ini kualitatif lapangan (Field Research) yang dilakukan langsung di medan terjadinya gejala-gejala yang diteliti yaitu MTs Negeri 7 Kebumen. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dimana hasil penelitiannya berbentuk deskripsi kata-kata. Penelitian ini dilakukan secara intensif, dimana peneliti ikut berpatisipasi selama di lapangan. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dan dinyatakan dalam keadaan sewajarnya atau sebagaimana adanya tanpa mengubahnya menjadi angka atau simbol.
Berdasarkan hasi penelitian tersebut dalam mendiskripsikan pengelolaan perpustakaan sekolah di MTs Negeri 7 Kebumen menunjukan sebagia berikut, (1) dalam hala perencanaan sudah cukup baik dan sudah direncanakan sesuai dengan tujuan maupun dengan visi dan misi walaupun ada beberapa kendala salah satunya adalah dalam hal ruangan, (2) pengorganisasian sudah baik dan berjalan secara terstruktur, (3) pelaksanaan maupun penyelenggaraan cukup baik, (4) evaluasinya berjalan dengan baik karena dilaksanakan setiap hari, (5) kendala yang dihadapi dalam pengelolaan perpustakaan adalah mengenai ruangan yang belum memenuhi standar, sarana dan prasarana kurang mencukupi, pengadaan bahan koleksi kurang maksimal dan tidak ada pelatihan khusus bagi pustakawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan; Perpustakaan sekolah; MTs Negeri 7 Kebumen
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences
000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 026 Libraries for specific subjects
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Jun 2021 03:51
Last Modified: 02 Jun 2021 03:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12942

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics