Manajemen kurikulum pondok pesantren dalam membina santri yang memiliki daya saing tinggi (Studi kasus Pondok Pesantren Assalafi Miftahul Huda Ngroto Gubug Grobogan Jawa Tengah)

Nisa’, Khoirun (2020) Manajemen kurikulum pondok pesantren dalam membina santri yang memiliki daya saing tinggi (Studi kasus Pondok Pesantren Assalafi Miftahul Huda Ngroto Gubug Grobogan Jawa Tengah). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603036077_Khoirun Nisa_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1603036077_Khoirun Nisa_lengkap)
1603036077_KHOIRUN NISA__ LENGKAP TUGAS AKHIR - khoirun nisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai manajemen kurikulum pondok pesantren dalam membina santri yang memiliki daya saing tinggi (studi kasus Pondok Pesantren Assalafi Miftahul Huda Ngroto Gubug Grobogan Jawa Tengah). Kajian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh institusi pendidikan Islam yaitu pesantren, di mana daya saing santri bisa dikatakan sebagai tujuan pokok, karena mengingat kondisi globalisasi sekarang ini menjadikan tingkat kompetisi semakin berat. Sehingga menyusun startegi yang sesuai kebutuhan harus dilakukan, termasuk di dalamnya adalah merancang sistem pendidikan yang baik dan tepat sasaran. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan kurikulum pondok pesantren dalam membina santri yang memiliki daya saing tinggi (studi kasus Pondok Pesantren Assalafi Miftahul Huda Ngroto Gubug Grobogan Jawa Tengah). (2) Pelaksanaan kurikulum pondok pesantren dalam membina santri yang memiliki daya saing tinggi (studi kasus Pondok Pesantren Assalafi Miftahul Huda Ngroto Gubug Grobogan Jawa Tengah). (3) Evaluasi kurikulum pondok pesantren dalam membina santri yang memiliki daya saing tinggi (studi kasus Pondok Pesantren Assalafi Miftahul Huda Ngroto Gubug Grobogan Jawa Tengah).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode lapangan (field research) dan penelitian kepustakaan (library Research), dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumen. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara
deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan kurikulum program bilingual dalam membina santri yang memiliki daya saing tinggi Pondok Pesantren Assalafi Miftahul Huda Ngroto sudah berdasarkan pada visi, misi, tujuan pesantren dan tujuan program bilingual. (2) Pelaksanaan kurikulum program bilingual dalam membina santri yang memiliki daya saing tinggi Pondok Pesantren Assalafi Miftahul Huda Ngroto memiliki tiga program yang menunjang proses berjalannya program bilingual. Yaitu daily language, arabic club dan english club, language art. (3) Evaluasi kurikulum program bilingual yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Assalafi Miftahul Huda Ngroto berdasarkan beberapa hal, yaitu: pertama berdasarkan evaluasi materi, kedua kebutuhan dan kesesuaian, ketiga berdasarkan usulan- usulan yang didasarkan pada hasil ujian dan pengamatan yang dilakukan oleh pengurus program bilingual.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen kurikulum; Pesantren; Billingual;
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 03 Jun 2021 04:17
Last Modified: 03 Jun 2021 04:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12959

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics