Peran kiai dalam meningkatkan mutu hafalan Al-Qur’ãn santri putri di Pondok Pesantren Al-Hikmah Pedurungan Lor Semarang

Nawwafi, Luthfiyah Natun (2020) Peran kiai dalam meningkatkan mutu hafalan Al-Qur’ãn santri putri di Pondok Pesantren Al-Hikmah Pedurungan Lor Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603036091]
Preview
Text (Skripsi_1603036091)
1603036091_Luthfiyah Natun Nawwafi_Full Skripsi - Nawafi Luthfiyahnatun.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mutu hafalan santri bagi dunia pendidikan di pondok pesantren dan kiai sebagai pengasuh tertinggi berperan penting dalam peningkatan mutu hafalan Al-Qur’ãn santri. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana Peran Kiai Dalam Meningkatkan Mutu Hafalan Al-Qur’ãn Santri Putri di Pondok Pesantren Al-Hikmah Pedurungan Lor Semarang. (2) Apa Saja Hambatan Yang Dihadapi Kiai Dalam Meningkatkan Mutu Hafalan Al-Qur’ãn Santri Putri di Pondok Pesantren Al-Hikmah Pedurungan Lor Semarang. (3) Bagaimana Solusi Dari Hambatan Yang Dihadapi Kiai Dalam Meningkatkan Mutu Hafalan Al-Qur’ãn Santri Putri di Pondok Pesantren Al-Hikmah Pedurungan Lor Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, data yang dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, yang menggunakan tekhnik pengumpulan trianggulasi, serta dianaisis dengan tekhnik analisis deskriptif.
Pada kajian Peran Kiai Dalam Meningkatkan Mutu Hafalan Al-Qur’ãn Santri Putri Di Pondok Pesantren Al-Hikmah Pedurungan Lor Semarang, menunjukkan bahwa: (1) Dalam Peningkatan Mutu Hafalan Al-Qur’ãn, kiai memberikan keteladanan, bimbingan, pengawasan, serta motivasi, (2) Hambatan Yang Dihadapi Kiai Dalam Meningkatkan Mutu Hafalan Al-Qur’ãn Santri adalah permasalahan santri yang sering mengganggu mutu hafalan(3) Solusi Dari Hambatan Yang Dihadapi Kiai Dalam Meningkatkan Mutu Hafalan Al-Qur’ãn antara lain: memperkuat hafalan dengan cara muoja’ah setiap hari serta menumbuhkan rasa percaya diri dan semangat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran kepemimpinan kiai; Peningatan mutu hafalan al-Qur’ãn; Santri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 03 Jun 2021 04:24
Last Modified: 03 Jun 2021 04:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12960

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics